Jumat 21 Agustus 2020, 13:50 WIB

Kantung Plastik Singkong Didukung Wagub, DLH: Tak Sesuai Pergub

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kantung Plastik Singkong Didukung Wagub, DLH: Tak Sesuai Pergub

MI/PIUS ERLANGGA
Benita Caroline founder dari evoware menghadirkan kantong berbahan dasar singkong

 

Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Rahmawati mengatakan masih melakukan pengawasan terhadap implementasi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 142 tahun 2018 yang sudah berjalan sejak 1 Juli 2020 lalu. Secara umum, Rahmawati mengatakan implementasi pergub itu berjalan baik.

"Masyarakat banyak yang membawa tas belanja sendiri. Pedagang pasar pun merasakan penghematan karena tidak perlu menyediakan kresek," ucap Rahmawati saat dikonfirmasi, Jumat (21/8).

Menanggapi terkait dukungan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza terhadap penggunaan plastik belanja berbahan singkong, pihaknya menegaskan segala sesuatu terkait kantong belanja harus bersandar pada Pergub 142/2019.

Baca juga: Wagub Dukung Pemakaian Kantung Plastik Berbahan Singkong

Sebelumnya, DLH sudah menerbitkan surat pemberitahuan/edaran yang mengatakan bahwa kantong singkong/tapioka tidak termasuk kantung ramah lingkungan pakai ulang. Rahmawati menjelaskan pihaknya berpegang pada Pergub 142/2019.

"Ini bukan soal ramah lingkungan atau tidak ramah lingkungan. Ini soal definisi Pergub 142/2019, yang mendefinisikan kantung belanja yang diperbolehkan sebagai kantong belanja guna ulang, dirancang untuk dapat digunakan berulang kali, yang kuat dengan ketebalan yang memadai. Kalau produk tersebut tidak dapat memenuhi definisi dalam Pergub 142, maka kami tidak dapat mengizinkan," kilahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih saat dihubungi terpisah oleh wartawan melalui pesan singkatnya menjelaskan evaluasi dari implementasi Pergub 142 sedang dan terus dilakukan.

"Semua saran masukan dari seluruh pemangku kepentingan menjadi bahan dan bagian yang dipertimbangkan untuk Jakarta yang lebih baik, lebih maju kotanya, lebih bahagia warganya," tulisnya. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara

Anies: Jangan Halal Bihalal, Baik di Rumah atau Kantor

👤Selamat Saragih dan Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 20:05 WIB
Anies meminta agar acara kunjungan dilakukan secara virtual sampai dengan akhir bulan Syawal atau sebulan ke depan sejak Hari Raya Idul...
Dok kejagung

Kejagung Gelar Pasar Murah Virtual Khusus Pengemudi Ojol

👤RO/Micom 🕔Senin 10 Mei 2021, 19:11 WIB
Kegiatan ini untuk menunjang gerakan penerintah 'Jangan...
MI/Ramdani

Mulai H-1 Lebaran, Seluruh Kegiatan Berhenti Pukul 21.00 WIB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 10 Mei 2021, 18:26 WIB
Anies menyerukan agar seluruh aktivitas rekreasi, wisata, rumah makan, restoran, pusat perbelanjaan, bioskop berhenti pukul...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya