Sabtu 22 Agustus 2020, 05:31 WIB

Singkong Alternatif Pengganti Plastik

Ssr/Put/J-2 | Megapolitan
Singkong Alternatif Pengganti Plastik

ANTARA/Anis Efizudin/Medcom.id
Ilustrasi

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung alternatif kantong belanja ramah lingkungan berbahan singkong atau cassava yang bisa dipakai ulang. Kantong tersebut memiliki sejumlah kelebihan, yakni ramah lingkungan, dapat dipakai ulang, antiair, dapat dilipat masuk tas, dan harga terjangkau.

“Saya kira mengapa tidak, kita di DKI sebagai etalase nasional dan internasional bisa ikut mendukung dan mengangkat teknologi sendiri dengan bangga,” ujar Ariza, sapaan akrab Ahmad Riza Patria, kemarin.

Pendapat serupa dilontarkan Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik. Dia juga menilai kantong dari bahan singkong serbaguna dan tahan air bahkan bisa dicuci agar aman dari kuman hingga virus. “Kita berharap ke depan, plastik yang biasa digunakan di pasar-pasar akan digantikan dengan kantong dari daun singkong.”

Bahan singkong ini disebutnya lebih baik ketimbang kantong kertas. Apalagi, bahan kertas bisa merusak alam karena menggunakan kayu atau pohon sebagai bahan dasarnya. “Nah, ini berarti dapat mengurangi tekanan permintaan terhadap kertas,” tutup Taufi k. (Ssr/Put/J-2)

Baca Juga

MI/Susanto

Usai Libur Lebaran, Pusat Perbelanjaan Terpantau Sepi Pengunjung

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 17 Mei 2021, 21:49 WIB
"Wah, hari Minggu kemarin ramai banget. Puncaknya itu. Ditambah di sini masih ada promo-promo jadi orang pada antre," kata...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Kali Pesanggrahan Meluap, Enam RT di Jaksel Banjir

👤Selamat Saragih 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:30 WIB
Adapun permukiman yang terendam air merupakan dataran rendah yang dekat dengan bantaran Kali...
ANTARA/Aprillio Akbar

BKD DKI Sebut tak ada ASN DKI Langgar Peraturan Mudik

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:22 WIB
Sejauh ini menurutnya, para ASN mematuhi edaran yang diterbitkan untuk tidak melakukan mudik guna mencegah penularan virus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya