Sabtu 06 Juni 2020, 07:45 WIB

Berwisata dengan Protokol Kesehatan Ketat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Berwisata dengan Protokol Kesehatan Ketat

MI/ROMMY PUJIANTO
Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia.

 

DINAS Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta mengeluarkan rancangan protokol kesehatan bagi tempat wisata di Jakarta selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

Salah satu ketentuan dalam rancangan itu ialah setiap tempat wisata wajib menyediakan cairan antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) di tiap wahana serta mewajibkan seluruh petugas dan pengunjung menggunakan masker di dalam area tempat wisata. Selain itu, lokasi mencuci tangan di air mengalir atau wastafel juga harus diperbanyak agar mudah dijangkau pengunjung.

“Pengunjung dan petugas wajib menggunakan masker. Pengunjung juga wajib membuka sendiri tasnya saat petugas melakukan inspeksi,” kata Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia di Jakarta, kemarin.

Pihak pengelola juga wajib mengurangi 50%, di antaranya kapasitas keseluruhan tempat wisata, kapasitas wahana, serta kapasitas lokasi parkir.

Seluruh petugas dan pengunjung juga wajib menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti pemeriksaan suhu badan. Pengelola juga wajib mengurangi karyawan yang bertugas dalam satu hari sebanyak 50%.

Sementara itu, pengelola Taman Impian Jaya Ancol mewajibkan pembelian tiket secara online apabila pengunjung ingin berwisata di Ancol.“Untuk mengurangi kontak, Ancol menerapkan sistem pembelian tiket secara online melalui website resmi Ancol www.ancol.com dan pembayaran secara nontunai,” kata Departemen Head Corporate Communications PT Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari. (Put/Ssr/J-1)

Baca Juga

MI/ Syarief Oebaidillah

Mimpi Gerai Lengkong Tangsel Majukan UMKM Beromzet Miliaran

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 08 Agustus 2022, 17:39 WIB
Ia juga meminta para pengelola UMKM membuka diri, untuk bisa melatih dan memperbaiki...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Bertambah, Dana Boeing yang Diselewengkan Rp107,3 M

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:49 WIB
Dikatakan sebelumnya, jumlah total penyelewengan dana oleh ACT berjumlah Rp68 miliar, saat ini bertambah menjadi Rp107, 3...
MI

Manajer BCL Ditangkap Terkait Psikotropika, Keluarga Ajukan Rehabilitasi

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 16:38 WIB
"Benar, hari Jumat sekira pukul 14.00 WIB pihak keluarga mendatangi Polres Metro Jakarta Barat untuk mengajukan proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya