Minggu 08 Desember 2019, 14:17 WIB

16 Kelurahan di DKI belum Punya Puskesmas

Sri Utami | Megapolitan
16 Kelurahan di DKI belum Punya Puskesmas

MI/M Yakub
Ilustrasi Puskesmas di Lamongan

 

SEBANYAK  16 kelurahan di Jakarta belum memiliki pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Hal tersebut disebabkan sulitnya mendapatkan tanah yang bisa diperuntukan membangun puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan yang tersebar di DKI berjumlah 289 puskesmas kelurahan dan 16 kelurahan belum memiliki puskesmas.

"Kalau dihitung jumlah dibandingkan dengan kantor kelurahan lebih banyak puskesmas kelurahan. Karena ada beberapa wilayah di satu kelurahan memiliki dua bahkan tiga," jelasnya.

Lebih lanjut, Widyastuti mengatakan kelurahan yang belum memilki puskesmas di antaranya Kebon Kacang, Gondangdia, Cikini, Senen, Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Karanganyar, Gambir dan Duri Selatan. Sedangkan di kelurahan Cipinang Cempedak dan Tanah Sereal sudah memiliki pos kesehatan.

"Soal Cempedak belum ada puskesmasnya tapi sudah ada pos kesehatan. Jadi sifatnya masih temporer, bangunan fisik sudah ada tapi belum terstandar puskesmas. Yang Tanah Sereal dulu bekas kantor lurah tapi sangat kecil," ungkapnya.

Baca juga: Lima Puskesmas di Surakarta Raih Akreditasi Paripurna

Dalam rapat pembahasan pendalaman anggaran RAPBD 2020 di DPRD DKI Jakarta, Minggu (8/12), anggota Komisi E mengeluhkan kelurahan yang belum memiliki puskesmas.

 "Di dapil saya di Kecamatan Koja Cilincing ada satu kelurahan belum ada puskesmas tingkat kelurahan," ujar anggota Komisi E Mohammad Arifin

Anggota komisi E lainnya, Achmad Nawawi, menuturkan telah berulang kali mengusulkan pembangunan puskesmas di wilayah yang belum memiliki puskesmas salah satunya di Tanjung Barat.  

"Belum ada puskesmas di Tanjung Barat, Sudah berapa kali saya usulkan tapi tidak juga. Jadi ada beberapa kelurahan di kecamatan yang belum punya puskesmas," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung Diuji Coba Pekan Ini

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 27 Januari 2021, 21:00 WIB
Hari menambahkan, selama uji coba masyarakat bisa menggunakan kedua flyover...
Antara

Empat Bulan Operasi Yustisi, 500 Ribu Orang Langgar Prokes Korona

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 27 Januari 2021, 20:16 WIB
Selain itu, 6.061 orang dikenakan sanksi administratif dengan total denda Rp1,1...
dok:PN Depok.go.id

Pengacara Raffi Ahmad Belum Dapat Surat Kuasa, Sidang Ditunda

👤Kisar Rajaguguk 🕔Rabu 27 Januari 2021, 17:40 WIB
KASUS selebritis Raffi Ahmad terkait pelanggaran protokol kesehatan (Prokes) covid-19 disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya