Selasa 30 Juli 2019, 10:56 WIB

Anies Sarankan Daging Kurban Gunakan Wadah Ramah Lingkungan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Sarankan Daging Kurban Gunakan Wadah Ramah Lingkungan

MI/Pius Erlangga
Sejumlah pedagang mempersiapkan sapi yang dijual untuk kurban di Jalan TB. Simatupang, Jakarta Selatan, Jakarta.

 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menegaskan agar pengurus penyembelihan hewan kurban menggunakan wadah ramah lingkungan seperti besek bambu saat membagikan daging kurban.

Imbauan tersebut disampaikan Anies saat menutup Pelatihan Pengelolaan Masjid dan Pelepasan Petugas Kesehatan Hewan dan Daging Kurban 2019 di Jakarta Islamic Center, Selasa (30/7).

Sebelumnya, Anies juga mengeluarkan Seruan Gubernur No 4/2019 tentang Pemotongan Hewan Kurban Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019.

"Yang tidak kalah penting, tahun ini kita menggalakan agar kita menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Jadi hindari penggunaan plastik, apalagi plastik yang berwarna hitam. Tapi gunakan semua yang bisa didaur ulang. Yang paling gampang itu namanya besek," kata Anies.

Menurut Anies, besek yang terbuat dari bambu dibuat oleh pengrajin bambu. Rencananya Pemprov DKI melalui Perumda Pasar Jaya akan menyuplai besek bambu ke masjid-masjid di Jakarta yang menyelenggarakan pemotongan hewan kurban.

"Tapi saya ingin sampaikan bahwa pertama ini soal paling mendasar. Kenapa ini pakai besek bambu? Karena kita ingin ini bisa didaur ulang. Dan manfaatnya bukan hanya sekali. Bisa dibersihkan. Bisa digunakan lagi untuk kebutuan-kebutuhan yang lain," pungkasnya.

Sementara itu, penggunaan plastik cenderung hanya sekali pakai dan mencemark lingkungan. Tidak hanya itu, dalam pembagian daging kurban panitia kerap menggunakan plastik kresek hitam yang juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

"Itu semua sekali pakai. Kalau menggunakan besek, sudah bisa didaur ulang, dan dipakai berkali-kali. Jadi manfaatnya panjang," kata Anies.(OL-09)

Baca Juga

dok.pribadi

Kerap Mangkir, Polisi Diminta Jadikan Dirut PT Gugus Rimbarta DPO

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 18:15 WIB
POLDA Metro Jaya diminta segera memasukkan Direktur Utama PT Gugus Rimbarta, PS dalam daftar pencarian orang (DPO). Ini dilakukan lantaran...
Ist

Kejati DKI Jakarta Apresiasi Kinerja BUMN Amka Bangun Gedung Kejati

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 15:13 WIB
Gedung Kejati merupakan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diberikan pada Kejati, yang pembangunannya dikerjakan oleh BUMN...
Instagram Official Dewa 19

Promotor dan Jakpro Minta Maaf Atas Kesulitan Transportasi Usai Konser Dewa 19

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 08 Februari 2023, 14:03 WIB
KONSER Dewa 19 yang digelar pada Sabtu (4/2) mendapat kritikan pedas dari para penonton yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya