Rabu 18 Januari 2023, 13:19 WIB

El Salvador Bebaskan Ribuan Orang yang Ditangkap Saat Razia Anti-geng

Ferdian Ananda Majni | Internasional
El Salvador Bebaskan Ribuan Orang yang Ditangkap Saat Razia Anti-geng

Marvin Recinos/ AFP
Apara kepolisian menjaga sejumlah pria yang diduga anggota gengter yang ditangkap pekan lalu di San Salvador, El Salvador.

 

SETIDAKNYA 3.000 orang yang ditahan di bawah undang-undang darurat anti-geng El Salvador telah dibebaskan setelah dianggap tidak bersalah atas kejahatan apapun.

"Di El Salvador, sepanjang rezim darurat, lebih dari 3.000 orang yang tidak bersalah telah dibebaskan,” kata Presiden Nayib Bukele dalam sebuah acara publik di dekat Ibu Kota San Salvador.

Pembebasan tahanan menyusul peluncuran pemerintah pada awal 2022 dari perang frontal melawan geng-geng kekerasan yang melanda negara Amerika Tengah itu.

Lebih dari 61.000 orang yang dicurigai sebagai anggota geng telah ditangkap, dan dari jumlah itu sekitar 3.000 orang kini telah dibebaskan.

Baca juga: Jenderal AS dan Ukraina Bertemu Bahas Strategi Hadapi Rusia

Pekan lalu, badan legislatif El Salvador memperpanjang keadaan darurat selama 30 hari, mulai dari hari Selasa dan berlangsung hingga 15 Februari.

Keadaan darurat ini pertama kali diperkenalkan pada akhir Maret, setelah gelombang pembunuhan yang dikaitkan dengan geng kriminal yang telah melanda El Salvador dan negara-negara lain di wilayah tersebut.

Keadaan darurat telah dikritik oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia, dengan keprihatinan khusus yang diungkapkan tentang kekuatan yang diberikan pihak berwenang untuk melakukan penangkapan tanpa surat perintah. (AFP/Fer/OL-09)

Baca Juga

AFP/Philippe Lopez.

Eropa di Antara Persaingan Ekonomi AS-Tiongkok

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:50 WIB
Amerika Serikat telah mengadopsi Inflation Reduction Act (IRA) yang berisi investasi, subsidi, dan pemotongan pajak senilai US$370 miliar...
AFP.

Indonesia Ingin Tengahi Perundingan Kode Etik Laut Tiongkok Selatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:35 WIB
Putaran perundingan berikutnya dengan Indonesia sebagai ketua ASEAN akan berlangsung pada...
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Indonesia Tegaskan ASEAN bersatu Selesaikan Krisis Myanmar

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:27 WIB
Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers usai pertemuan menteri-menteri luar negeri ASEAN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya