Selasa 10 Januari 2023, 14:42 WIB

Netanyahu Dituding Hapuskan Demokrasi di Israel

Mediaindonesia.com | Internasional
Netanyahu Dituding Hapuskan Demokrasi di Israel

AFP
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

 

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dituding menghapuskan demokrasi di Israel, di tengah perselisihan atas usulan reformasi peradilan.

"Ini bukan reformasi peradilan, ini adalah perubahan rezim yang ekstrem... ini memisahkan Israel dari keluarga negara-negara liberal," kata pemimpin oposisi, Yair Lapid, di Twitter pada Senin (9/1).

Lapid, yang adalah mantan perdana menteri, memperingatkan bahwa perubahan yang diusulkan akan memungkinkan koalisi pemerintah sekarang untuk membungkam siapa pun yang menentangnya, dan akan mengubah hakim menjadi politikus.

"Para hakim akan menjadi hakim pemerintah," kata Lapid dalam pertemuan partai yang ia dirikan, Yesh Atid.

Menteri Kehakiman Yariv Levin merencanakan reformasi komprehensif sistem peradilan yang, jika diberlakukan, akan menjadi perubahan paling radikal dalam sistem pemerintahan di Israel.

Perubahan yang diusulkan akan sangat membatasi kekuasaan Mahkamah Agung, dan memberi pemerintah kekuasaan untuk memilih hakim, srta mengakhiri penunjukan penasihat hukum untuk kementerian oleh jaksa agung.

Pada Minggu (8/1), Netanyahu membela reformasi peradilan yang diusulkan, dengan mengatakan bahwa perubahan tersebut bertujuan untuk "mewakili keinginan para pemilih."

Reformasi peradilan yang direncanakan juga dikecam oleh mantan menteri pertahanan Benny Gantz, yang mengatakan perubahan itu akan menyebabkan "perang saudara", dan akan "berdampak fatal" pada keamanan nasional Israel.

Pemerintahan Netanyahu dilantik pada 29 Desember 2022 pascapemilu pada November.

Dari hasil pemilu, kubunya yang beraliran kanan itu dengan mudah mendapat dukungan mayoritas untuk membentuk pemerintahan baru. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP

Zelensky Kunjungi Inggris untuk Jemput Bantuan

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:50 WIB
Ukraina akan mendapatkan bantuan dari Inggris berupa pelatihan pilot jet...
AFP/Citra satelit ©2023 Maxar Technologies.

Kebanyakan WNI di Suriah dan Turki Berada di Zona Aman

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:33 WIB
MAYORITAS Warga Negara Indonesia (WNI) di Suriah dan Turki dalam kondisi selamat dan berada di daerah yang tidak terdampak gempa...
AFP/OZAN KOSE

Update Gempa Turki dan Suriah, Korban Tewas Jadi 11.000 Orang

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 20:30 WIB
Kondisi WNI di Suriah relatif lebih aman jika dibandingkan dengan Turki. Pasalnya tidak terdapat laporan adanya korban dari gempa yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya