Kamis 29 Desember 2022, 16:22 WIB

PPI TMU Taipei Gelar Indonesia Cultural Festival Promosikan Budaya Nusantara

Mediaindonesia.com | Internasional
PPI TMU Taipei Gelar Indonesia Cultural Festival Promosikan Budaya Nusantara

Dok. Pribadi
PPI TMU Taipei menggelar Indonesia Cultural Festival

 

INDONESIA adalah negara yang memiliki keragaman seni dan budaya yang tiada duanya. Kekayaan seni dan nilai budaya tersebut sangat efektif sebagai alat perkenalan atau promosi Indonesia ke mancanegara. Bagi warga Indonesia yang berdomisili atau sedang menempuh pendidikan di luar negeri bisa menjadikan seni budaya Tanah Air sebagai alat promosi pariwisata sekaligus memperarat kerja sama dan persahabatan dengan warga negara setempat.

Hal ini pula yang menginspirasi Perhimpunan Pelajar Indonesia Taipei Medical University (PPI TMU)  di Taiwan, menggelar festival budaya Indonesia bertajuk "Indonesia Cultural Festival" yang dihadiri ratusan orang. 

"Indonesia adalah negara yang sangat menarik. Slogan kami adalah 'localization'. Kami memiliki interaksi yang sangat kuat, hubungan yang kuat antar pelajar internasional dan pelajar lokal. Sangat senang memiliki keragaman budaya di TMU, ujar Chieh-Hsi Wu, Vice President TMU saat mebuka acra

Kegiatan seni budaya oleh komunitas pelajar Indonesia di Taipei yang pertama kalinya diselenggarakan tersebut mengangkat tema "Wonderful Indonesia". Kegiatan budaya tersebut diadakan di halaman utama kampus TMU dengan latar belakang pemandangan berupa kemegahan Taipei 101 yang hanya berjarak 1 km dari kampus. 

Acara diawali pada siang hari dengan “Food Bazaar” yang menyajkan makanan khas Indonesia seperti nasi rendang, bakso, mie ayam, lontong sate, pempek, gorengan dan jajanan pasar seperti klepon, lupis dan getas. Dilanjutkan malam harinya, acara “Cultural Night” dihadiri dan dibuka oleh Vice President TMU (Professor Wu), Dean of Office Global Engagement (Professor Pei-Shan Tsai) beserta  jajaran professor di TMU.

Warga yang hadir tampak antusias menikmati aneka kuliner khas Nusantara tersebut sambil bercengekarama dengan akrab dan santai.

Kepala Bidang Perlindungan WNI dan Penerangan Sosial Budaya KDEI Taipei Novrizal turut hadir ditemani Michael J. Kristiono, Ketua PPI Taiwan Rakha R., PERPITA team. Hadir pula mahasiswa Indonesia di Taipei, mahasiswa internasional dan juga mahasiswa Taiwan. 

Pertunjukan seni budaya diawali dengan penampilan kolaborasi mahasiswa TMU asal Bali bersama tim NTU Gamelan Gita Lestari, dilanjutkan dengan suguhan keroncong “Bengawan Solo" oleh mahasiswa TMU. Gemuruh tepuk tangan hadirin menyertai penampilan para mahasiwa tersebut. 

Baca juga : Anwar Ibrahim Ingin Perkuat Hubungan dengan Indonesia

Setelah itu, ditampilkan lagu daerah Jawa Barat “Cing Cangkeling”, permainan angklung dengan lagu “Manuk Dadali” dan lagu Taiwan “Tong Hua”, serta lagu  daerah Jawa “Ojo Lamis” dan  pementasan Tari Saman.

Acara ditutup dengan flashmob lagu Nusantara. Semua penampil menggunakan pakaian adat daerah Indonesia dan Batik sebagai ciri khas Nusantara. Master of ceremony sebagai ikon acara mengenakan kebaya adat Bali dan baju “Bodo” Makassar lengkap dengan hiasan kepala. 

"Kerja sama dan persahabatan adalah kata kunci kami di sini dan acara budaya ini mendorong semua itu," ujar pejabat Bidang Perlindungan WNI dan Penerangan Sosial Budaya KDEI Taipei, Novrizal.

Ketua PPI TMU 2022/2023, Kamaluddin Latief mengapresiasi peserta yang hadir pada festival tersebut dan menyebut pelajar Indonesia selalu siap mempromosikan budaya Indonesia.

"Perhimpunan Pelajar Indonesia siap menjalin kerja sama di bidang sosial, sains dan lain-lain di masa mendatang. Acara ini memperbesar misi kami untuk menekankan dan mempromosikan budaya kami ke seluruh dunia," ujarnya.

Ketua acara MIta Valencia berharap kebudayaan Indonesia semakin dikenal masyarakat internasional. Arpita, pelajar dari India menyampaikan, PPI TMU mengemas acara dengan seru untuk memperkenalkan budaya Indonesia. 

Sependapat dengan Arpita, John, dari Filipina menyampaikan bahwa dia sangat antusias dan penasaran mengikuti acara dari awal sampai akhir bersama dengan teman-temannya dari berbagai negara. Acara ini membuat dia ingin berkunjung ke Indonesia dan berharap dapat melihat kembali acara serupa ditahun mendatang. 

Acara tersebut menjadi catatan bagi PPI TMU karena pertama kalinya menghadirkan panggung budaya Indonesia di lingkungan Civitas Akademika TMU. Tari Saman pun tampil kembali dalam rangkaian “TMU gratitude party 2022” pada Selasa, (27/12). (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP

Indonesia Memiliki Posisi Unik Dan Kuat Di ASEAN

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:45 WIB
PENGAMAT internasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Faris Al Fadhat, mengatakan Indonesia memiliki posisi yang unik sekaligus...
AFP/Philippe Lopez.

Eropa di Antara Persaingan Ekonomi AS-Tiongkok

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:50 WIB
Amerika Serikat telah mengadopsi Inflation Reduction Act (IRA) yang berisi investasi, subsidi, dan pemotongan pajak senilai US$370 miliar...
AFP.

Indonesia Ingin Tengahi Perundingan Kode Etik Laut Tiongkok Selatan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:35 WIB
Putaran perundingan berikutnya dengan Indonesia sebagai ketua ASEAN akan berlangsung pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya