Kamis 29 Desember 2022, 14:21 WIB

Anwar Ibrahim Ingin Perkuat Hubungan dengan Indonesia

Cahya Mulyana | Internasional
Anwar Ibrahim Ingin Perkuat Hubungan dengan Indonesia

HASNOOR HUSSAIN / POOL / AFP
Anwar Ibrahim

 

Malaysia berkomitmen untuk memperkuat hubungan bilateral degan Indonesia. Perwujudannya akan dibuktikan melalui lawatan Perdana Anwar Ibrahim ke Indonesia bulan depan.

"Lawatan ini juga menjadi persiapan lawatan resmi dari Perdana Menteri Malaysia (Anwar Ibrahim) ke Jakarta, yang dijadwalkan akan berlangsung pada awal Januari nanti," kata Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abd Kadir saat memberikan keterangan resmi secara virtual usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (29/12).

Menurut dia Anwar Ibrahim akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kerja sama kedua negara. Malaysia menganggap Indonesia merupakan negara tetangga yang sangat penting.

Zambry menjelaskan, pembahasan kerja sama bilateral akan dilakukan kedua pemimpin tersebut. Dirinya bersama Retno telah membahas isu-isu di dalamnya sebagai pendahuluan.

Salah satunya mengenai upaya bersama dalam pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19. Malaysia juga mendukung Indonesia sebagai Ketua ASEAN pada 2023.

"Tujuan lawatan saya saat ini adalah untuk memperkokoh hubungan Malaysia dengan Indonesia ke tahap yang lebih tinggi demi kemakmuran kedua negara sahabat. Terutama pascapandemi covid-19," paparnya.

Retno mengapresiasi lawatan Zambry dan dukungan Malaysia kepada Indonesia sebagai Ketus ASEAN. Menurut dia Indonesia dan Malaysia memiliki posisi yang sama di kawasan Asia Tenggara.

Misalnya, kata dia, membangun perdamaian di Myanmar. "Saya tegaskan ASEAN, tidak boleh didikte oleh junta militer Myanmar. ASEAN akan selalu bersama rakyat Myanmar,” pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

AFP/Ludovic MARIN

Demi Dukungan Publik, Macron Siap Ubah Batas Pensiun

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 20:20 WIB
Macron berusaha mencari dukungan untuk melawan rivalnya menjelang debat...
AFP/HO/Angkatan Laut Brasil

Brasil Kubur Kapal Induk Eks Prancis di Samudra Atlantik

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:50 WIB
Keputusan menenggelamkan kapal induk yang diberi nama Sao Paulo karena gagal menemukan pelabuhan yang bersedia menampung kapal...
AFP

Tiongkok Kecam Penembakan Balon Udaranya oleh Amerika

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Februari 2023, 12:58 WIB
Beijing mengatakan Amerika Serikat bersikeras menggunakan kekuatan, jelas bereaksi berlebihan dan secara serius melanggar praktik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya