Rabu 28 Desember 2022, 17:32 WIB

Tiongkok Kecam Keputusan Wajib Militer Taiwan

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Tiongkok Kecam Keputusan Wajib Militer Taiwan

AFP/Sam Yeh
Ilustrasi: Pasukan tentara Taiwan berkumpul setelah latihan di pangkalan militer Hsinchu menjelang liburan Tahun Baru Tiongkok pada (19/1).

 

Pemerintah Tiongkok mengecam Taiwan pada Rabu (28/12) karena berusaha menggunakan rakyat Taiwan sebagai umpan meriam dengan memperpanjang wajib militer dari empat bulan menjadi satu tahun mulai tahun 2024.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengumumkan perpanjangan wajib militer pada hari Selasa, mengutip meningkatnya ancaman yang dihadapi pulau itu dari tetangganya yang besar, Tiongkok.

Tiongkok menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya.

Menanggapi pertanyaan tentang keputusan Taiwan untuk memperpanjang masa dinas militer, juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan bahwa berjuang untuk tugas besar mencapai reunifikasi nasional sangat signifikan, mati untuk kegiatan separatis kemerdekaan Taiwan sama sekali tidak berharga.

"Kami percaya warga Taiwan sangat berprinsip, mereka tidak akan dijadikan umpan meriam oleh pasukan separatis kemerdekaan Taiwan," kata Wang dalam konferensi pers reguler.

Tiongkok telah meningkatkan tekanan militer, diplomatik, dan ekonomi terhadap Taiwan untuk menegaskan klaim kedaulatannya, termasuk hampir setiap hari misi angkatan udara Tiongkok di dekat pulau itu selama tiga tahun terakhir.

Pemerintah Taiwan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat menentukan masa depan mereka. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP

PM Anwar Ibrahim Tunjuk Puterinya Jadi Penasihat Bidang Ekonomi

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:55 WIB
Anwar Ibrahim mengatakan bahwa Nurul Izzah tidak dibayar untuk peran penasihat senior. Penunjukan itu mulai berlaku pada 3 Januari...
Bulent Kilic/AFP

Militer Rusia Kuasai Desa Dekat Bakhmut di Donetsk

👤 Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:37 WIB
Rusia mengatakan telah merebut sebuah desa di pinggiran utara Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina. Desa Blahodatne, yang berjarak sekitar...
AFP/Handout / Pakistan

Korban Tewas Bom Bunuh Diri di Pakistan Jadi 100 Orang

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:33 WIB
Sebagian besar korban yang tewas dalam aksi pengeboman bunuh diri pada Senin (30/1) petang itu adalah anggota...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya