Jumat 25 November 2022, 14:23 WIB

Anwar Ibrahim Janjikan Pemerintahan yang Inklusif

Cahya Mulyana | Internasional
Anwar Ibrahim Janjikan Pemerintahan yang Inklusif

Vincent Thian / POOL / AFP
Perdana Menteri (PM) ke-10 Malaysia Anwar Ibrahim

 

PERDANA Menteri (PM) ke-10 Malaysia Anwar Ibrahim berjanji untuk memimpin pemerintahan yang menaungi semua kelompok. Anwar memulai aktivitasnya dengan masuk kantor PM pada Jumat (25/11), pukul 09.00 waktu setempat di Putrajaya.

Politisi berusia 75 tahun itu mengaku telah membuat rencana untuk era pemerintahannya. Dia juga mengatakan tidak akan mengambil gaji dan menjamin hak-hak semua warga Malaysia, terutama yang terpinggirkan dan miskin, tanpa memandang ras atau agama.

“Kami tidak akan pernah berkompromi dengan pemerintahan yang baik, gerakan anti-korupsi, independensi peradilan, dan kesejahteraan rakyat biasa Malaysia,” katanya.

Anwar mendapatkan ucapan selamat dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah panggilan video dengan Presiden Indonesia Joko Widodo. Anwar menggambarkan Indonesia sebagai teman sejati bagi Malaysia dan akan fokus untuk memperkuat hubungan kedua negara.

Baca juga: Anwar Ibrahim Optimis Bisa Bentuk Pemerintahan Kuat

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken juga memberikan ucapan selamat kepada Anwar dan rakyat Malaysia. “Kami berharap dapat memperdalam persahabatan dan kerja sama kami berdasarkan prinsip demokrasi bersama dan menghormati hak asasi manusia dan supremasi hukum,” kata Blinken.

Dia mengatakan negaranya tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan Malaysia untuk memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, terhubung, makmur, aman, dan tangguh.

“Hanya orang seperti Anwar yang dapat mewujudkan kontradiksi Malaysia dan mengubah negara ini ke halaman baru dalam sejarah,” kata Seorang Peneliti di Program Studi Malaysia di Institut ISEAS-Yusof Ishak Singapura James Chai.

Ia mengatakan banyak yang akan berpendapat bahwa Anwar yang dibutuhkan Malaysia. "Generasi reformasis bisa bernafas lega setelah bertahun-tahun putus asa," katanya. (Aljazeera/OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:41 WIB
"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat...
AFP/YURIY DYACHYSHYN

Ukraina Keluhkan Krisis Energi

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 10:43 WIB
"Sampai malam ini, pemadaman listrik berlanjut di sebagian besar wilayah (Ukraina) dan di Kyiv. Secara total, lebih dari enam juta...
ANTARA/Maha Eka Swasta

Kemenlu Sebut tidak Ada WNI jadi Korban Banjir Jeddah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 06:53 WIB
"Hingga saat ini tidak ada WNI yang dilaporkan menjadi korban dalam peristiwa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya