Kamis 17 November 2022, 10:26 WIB

Mencuri, Perwira Tiongkok Divonis 20 Tahun Penjara

Cahya Mulyana | Internasional
Mencuri, Perwira Tiongkok Divonis 20 Tahun Penjara

Medcom.id
Ilustrasi

 

Seorang perwira intelijen Tiongkok, Xu Yanjun dijatuhi hukuman 20 tahun penjara oleh pengadilan Amerika Serikat (AS), pada Rabu (16/11). Xu sebelumnya didakwa mencuri teknologi dari perusahaan kedirgantaraan AS dan Prancis.

Departemen Kehakiman AS menuduh Xu sebagai aktor intelektual dalam skema lima tahun yang didukung negara Tiongkok untuk mencuri rahasia komersial dari GE Aviation, salah satu produsen mesin pesawat terkemuka dunia, dan Grup Safran Prancis, yang bekerja sama dengan GE dalam pengembangan mesin.

"Xu menargetkan perusahaan penerbangan Amerika, merekrut karyawan untuk melakukan perjalanan ke Tiongkok, dan meminta informasi hak milik mereka, semuanya atas nama pemerintah Republik Rakyat Tiongkok," kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan.

Xu adalah salah satu dari 11 warga negara Tiongkok, termasuk dua perwira intelijen, yang disebutkan dalam dakwaan Oktober 2018 di pengadilan federal di Cincinnati, Ohio tempat GE Aviation berkantor. Anggota intelijen Kementerian Keamanan Negara Tiongkok itu ditangkap pada April 2018 di Belgia.

Xu dijebak sata penangkapan dengan skema pertemuan dengan seorang karyawan GE untuk diberikan data. Setelah itu dia diekstradisi ke AS dan diadili pada 5 November 2021 atas percobaan spionase ekonomi, percobaan pencurian rahasia dagang, dan dua tuduhan konspirasi.

"Kasus ini mengirimkan pesan yang jelas: kami akan meminta pertanggungjawaban siapa pun yang mencoba mencuri rahasia dagang Amerika," kata jaksa federal Ohio, Kenneth Parker. (AFP/Cah)

Baca Juga

Yevhen TITOV / AFP

Zelensky Minta Rakyatnya Antisipasi Serangan Gencar Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 29 November 2022, 09:46 WIB
Volodymyr Zelensky memperkirakan serangan baru minggu ini bisa sama buruknya dengan minggu lalu yang menghancurkan insfrastruktur listrik...
AFP

Rishi Sunak: Era Emas Hubungan Inggris dan Tiongkok Sudah Berakhir

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 29 November 2022, 08:41 WIB
Kini Inggris siap bersaing dengan Negeri Tirai Bambu termasuk mencegahnya mendominasi...
AFP/Handout / US Geological Survey

Gunung Berapi Tertinggi di Dunia Meletus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 29 November 2022, 07:22 WIB
Letusan gunung yang berada di Taman Nasional Gunung Api Hawaii itu terjadi sekitar Minggu (27/11) pukul 23.45 waktu setempat atau Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya