Rabu 16 November 2022, 10:17 WIB

Trump Umumkan Maju di Pilpres AS 2024

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trump Umumkan Maju di Pilpres AS 2024

AFP/ALON SKUY
Mantan Presiden AS Donald Trump saat mengumumkan akan mencalonkan diri untuk Pemilu Presiden AS 2024.

 

DONALD Trump mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat (AS), Rabu (16/1) WIB saat Partai Republik membukukan hasil buruk di pemilu sela serta orang-orang pilihannya kalah.

"Bangkitnya Amerika dimulai saat ini," ujar mantan Presiden AS berusia 76 tahun itu kepada ratusan pendukungnya yang berkumpul di Mar-a-Lago, Florida.

"Saya mengumumkan akan maju sebagai kandidat presiden AS," lanjut Trump, yang mengajukan surat pencalonan dirinya kepada komisi pemilihan umum AS beberapa saat sebelumnya.

Baca juga: Media Milik Murdoch Mulai Tinggalkan Trump

Pencalonan Trump yang dilakukan sangat dini itu dipandang sebagai upaya mendahului calon kandidat presiden AS dari Partai Republik lainnya serta upaya agar tidak didakwa melakukan aksi kriminal.

Partai Republik tengah memulihkan diri setelah hasil pemilu sela yang mengecewakan, yang dituing terjadi karena kandidat yang diajukan Trump gagal bersinar. Hal itu memicu sejumlah tokoh Partai Republik mempertanyakan apakah Trump adalah orang yang tepat untuk menjadi kandidat presiden AS dari partai mereka.

Calon lawan berat Trump untuk menjadi kandidat presiden AS dari Partai Republik adalah Gubernur Florida Ron DeSantos yang sukses terpilih kembali pada pemilu sela, 8 November lalu.

Trump, yang kalah dalam pemilu presiden 2020 dari Joe Biden, tengah menghadapi srangkaian penyelidikan kriminal.

Dia menjadi target serangkaian penyelidikan terkait aksinya sebelum, selama, dan setelah masa jabatan pertamanya sebagai presiden. Jika ada penyelidikan yang berujung pada dakwaan kriminal, Trump bisa didiskualifikasi.

Penyelidikan itu antara lain penggelapan dalam usaha keluarganya, perannya dalam serangan ke Gedung Capitol, upayanya menggagalkan hasil pemilu 2020, dan penyembunyian dokumen rahasia di Mar-a-Lago. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya