Minggu 06 November 2022, 10:10 WIB

Iran Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit

Iran Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit | Internasional
Iran Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit

FOTO/IRNA News
Garda Revolusi Iran sukses melakukan peluncuran roket Ghaem 100 ke orbit.

 

IRAN mengumumkan keberhasilan uji coba peluncuran roket yang mampu mendorong satelit ke luar angkasa. Kesuksesan Teheran ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan dengan negara-negara Barat terkait ekspor drone ke Rusia.

Amerika Serikat (AS) telah berulang kali menyuarakan keprihatinan bahwa peluncuran semacam itu dapat meningkatkan teknologi rudal balistik Iran, yang mengarah pada potensi pengiriman hulu ledak nuklir.

Namun Iran menegaskan tidak mengembangkan senjata nuklir dan bahwa peluncuran satelit dan roketnya hanya untuk tujuan sipil atau pertahanan.

Media Iran melaporkan peluncuran suborbital yang sukses dari peluncur satelit bernama Ghaem-100. Uji terbang peluncur ini menggunakan kendaraan berbahan bakar padat Rafe telah berhasil diselesaikan.

Baca juga: Kelab Malam di Rusia Terbakar, Belasan Pengunjung Tewas

Roket Ghaem-100 diproduksi oleh organisasi kedirgantaraan Garda Revolusi Islam dan merupakan peluncur satelit berbahan bakar padat tiga tahap pertama di negara itu.

Ghaem-100 mampu menempatkan satelit seberat 80 kilogram (176 pon) di orbit 500 kilometer (lebih dari 300 mil) dari permukaan bumi.

Iran berhasil menempatkan satelit militer pertamanya ke orbit pada April 2020 yang menarik teguran tajam dari Washington.

Pada Agustus tahun ini, satelit Iran lainnya, bernama Khayyam, diluncurkan oleh Rusia dengan roket Soyuz-2.1b dari Baikonur Cosmodrome di Kazakhstan.

Badan Antariksa Iran mengatakan perangkat itu dibangun oleh Rusia di bawah pengawasan Iran. AS menuduh Khayyam akan memungkinkan kemampuan mata-mata yang signifikan dan bahwa aliansi Rusia-Iran yang semakin dalam merupakan ancaman besar bagi dunia.

Badan Antariksa Iran menolak tuduhan ini, melawan bahwa tujuan Khayyam adalah untuk memantau perbatasan negara dan membantu pengelolaan sumber daya alam dan pertanian. (AFP/Cah/OL-09)

Baca Juga

AFP

PBB: Warga Sipil Ukraina Hadapi Ujian Bertahan Hidup

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 07 Desember 2022, 19:20 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal untuk Urusan Kemanusiaan, Martin Griffiths, merinci kepada Dewan Keamanan PBB bahwa jumlah kematian yang...
Antara

Indonesia-Selandia Baru Bahas Kerja Sama Jaminan Produk Halal

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 17:19 WIB
Wamenag berharap, kerja sama jaminan produk halal yang dilakukan dapat memberikan keuntungan bagi dua...
AFP/SPENCER PLATT

Gelombang PHK Menghantui AS

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 07 Desember 2022, 13:30 WIB
Bank of America Corp pun juga mulai memperlambat proses perekrutan. Morgan Stanley saat ini diperkirakan akan mulai memangkas tenaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya