Kamis 29 September 2022, 12:43 WIB

Badai Ian Ubah Jalanan di Florida Menjadi Sungai

Cahya Mulyana | Internasional
Badai Ian Ubah Jalanan di Florida Menjadi Sungai

AFP/ Sean Rayford
Badai Ian landa Florida

 

TOPAN Ian, salah satu badai paling kuat yang pernah tercatat di Amerika Serikat (AS), menerjang Florida barat daya pada Rabu (28/9). Fenomena alam ini mengubah jalan-jalan menjadi sungai, memutus aliran listrik ke jutaan orang dan menyimpan banyak potensi kerusakan lebih besar.

Kantor sheriff pesisir Florida melaporkan mendapat banyak telepon dari penduduk yang terjebak di rumah yang terendam banjir. Warga Florida yang putus asa menyampaikan keluhannya melalui postingan di Facebook dan situs media sosial lainnya. Mereka memohon untuk dievakuasi. Beberapa video menunjukkan banjir mencapai atap rumah. Gelombang badai membanjiri ruang gawat darurat di Port Charlotte.

Sementara angin kencang merobek bagian atap gedung Rumah Sakit HCA Florida Fawcett yang memiliki empat lantai.

"Air menyembur dan membanjiri ruang ICU, memaksa staf untuk mengevakuasi pasien terparah di rumah sakit, yang beberapa di antaranya menggunakan ventilator," ujar Staf Rumah Sakit tersebut, Birgit Bodine.

Menurut dia, petugas menggunakan handuk dan tempat sampah plastik untuk mencoba membersihkan kotoran yang masuk. Semua pasiennya diungsikan ke dua lantai tersisa dari banjir.

Bodine berencana bermalam di rumah sakit untuk berjaga-jaga jika orang-orang yang terluka akibat badai tiba di sana membutuhkan bantuan. 

"Ambulans membawa pasien baru mungkin akan segera datang tapi kami tidak tahu di mana harus menempatkan mereka. Selama pasien kami baik-baik saja dan tidak ada yang meninggal atau memiliki hasil yang buruk, itulah yang penting," paparnya.

Baca juga: Setelah Membuat Kuba Gelap Gulita, Badai Ian Menuju Florida

Badai ini sebelum menerpa Florida terlebih dahulu melewati Cayo Costa, sebuah pulau penghalang di sebelah barat Fort Myers yang berpenduduk padat. Penduduk setempat, Mark Pritchett, menyaksikan badai ini sangat mengerikan.

"Saya benar-benar tidak tahan melawan angin. Hujan menembak seperti jarum. Jalanku adalah sungai. Tungkai dan pohon tumbang, yang terburuk belum datang,” kata Pritchett.

Sebuah kapal yang membawa migran Kuba tenggelam pada Rabu dalam cuaca badai di perairan timur Key West. Penjaga Pantai AS memulai misi pencarian dan penyelamatan untuk 23 orang dan berhasil menemukan tiga orang yang selamat sekitar dua mil (tiga kilometer) dari lokasi kejadian.

Tim penjaga pantai menggunakan pesawat udara untuk mencari kemungkinan 20 migran yang belum ditemukan. Badai Kategori empat ini berkecepatan 150 mph (241 kph). Akibatnya lebih dari dua juta rumah dan tempat bisnis Florida tanpa listrik, menurut PowerOutage.us.

Badai itu sebelumnya menerjang Kuba yang menewaskan dua orang dan memutus jaringan listrik. Sekitar 2,5 juta orang diperintahkan untuk mengungsi dari Florida barat daya sebelum Badai Ian menyerang.

Pembawa berita di stasiun televisi Fort Myers WINK harus melaporkan bencana ini tanpa meja. Pasalnya studio utamanya dibanjiri air.

Meskipun diperkirakan melemah menjadi badai tropis saat bergerak ke daratan dengan kecepatan sekitar 9 mph (14 kph), angin topan Ian kemungkinan besar akan terasa hingga ke Florida tengah. Beberapa jam setelah puncak badai ini berlalu tekanan angin turun menjadi 105 mph (170 kph), menjadikannya badai kategori dua.

Namun, gelombang badai setinggi 6 kaki (2 meter) diperkirakan terjadi di sisi berlawanan dari negara bagian, di timur laut Florida. Sheriff Bull Prummell dari Charlotte County, tepat di utara Fort Myers, mengumumkan jam malam antara pukul sembilan malam hingga enam pagi.

“Saya memberlakukan jam malam ini sebagai sarana untuk melindungi orang-orang dan properti dari Charlotte County Prummell," jelasnya.

Kekuatan badai Ian menjadi badai terkuat kelima. Badai Charley sempat menghantam pantai Florida pada Agustus 2004 yang menewaskan 10 orang dan menimbulkan kerugian US$14 miliar.

Pemerintah federal mengirim 300 ambulans dengan tim medis dan siap mengangkut 3,7 juta makanan dan 3,5 juta liter air jika badai sudah berlalu.

“Kami akan berada di sana untuk membantu Anda membersihkan dan membangun kembali, untuk membantu Florida bergerak lagi,” kata Presiden AS, Joe Biden.

“Dan kami akan berada di sana di setiap saat. Itu komitmen mutlak saya kepada orang-orang di negara bagian Florida”.

Gubernur Virginia, Georgia, Carolina Selatan, dan Carolina Utara mengumumkan status darurat. Para ahli cuaca memperkirakan badai Ian akan berbalik ke negara-negara bagian itu sebagai badai tropis, kemungkinan menimbulkan hujan dan banjir hingga akhir pekan, setelah melintasi Florida. (AFP/OL-5)

Baca Juga

AFP

Anwar Ibrahim Siap Kucurkan Subsidi untuk Warga Berpenghasilan Rendah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 27 November 2022, 17:24 WIB
Perdana Menteri Malaysia yang belum lama dilantik itu, menjanjikan upaya peningkatan biaya hidup ketika roda perekonomian nasional...
AFP

Gedung Putih Kecam Donald Trump yang Bertemu Supremasi Kulit Putih

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 27 November 2022, 14:16 WIB
Dalam agenda makan malam yang berlangsung di Mar-a-Lago, Donald Trump diketahui turut mengundang Kanye West, yang belakangan tergabung...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 26 November 2022, 13:41 WIB
"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya