Rabu 28 September 2022, 10:10 WIB

Warga Iran Gelar Aksi Demonstrasi di Malam Ke-12

Basuki Eka Purnama | Internasional
Warga Iran Gelar Aksi Demonstrasi di Malam Ke-12

AFP/ESN
Aksi demonstrasi di Iran

 

WARGA Iran menggelar demonstrasi untuk malam ke-12 secara beruntun, Selasa (27/9), memprotes tewasnya Mahsa Amini, meski di tengah ketakutan adanya tindakan yang lebih keras dari pemerintah.

Puluhan orang tewas sejak aksi demonstrasi digelar pascakematian seorang perempuan Kurdi berusia 22 tahun saat ditahan polisi moral Iran, setelah dia ditangkap karena dianggap melanggar aturan penggunaan hijab dan pakaian sopan.

Media oposisi yang bermarkas di luar negeri mengatakan aksi demonstrasi berlanjut di berbagai kota namun aktivis mengatakan dibloknya internet membuat mereka sulit membagikan aksi mereka di dunia masa.

Baca juga: Otoritas Iran Terus Tangkapi Aktivis dan Jurnalis

Seorang perempuan diperlihatkan melepaskan hijabnya dan melambaikan tangan di Distrik Narmak, Teheran, dalam video yang dibagikan televisi Manoto.

Bahkan, mereka yang bertahan di rumah meneriakan yel-yel, "Mati untuk diktator" dan "Mati untuk Republik Islam" dari atap atau jendela aparremen di Teheran. (AFP/OL-1)

Baca Juga

UGC / AFP

Iran Eksekusi Mati Seorang Demonstran Mahsa Amini

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:40 WIB
Menurut dia eksekusi ini harus memiliki konsekuensi bagi Iran yang setimpal dari masyarakat dunia. Kantor berita Iran Mizan melaporkan...
AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

Gubernur Texas Larang Pegawai Pemerintah Main TikTok

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
“TikTok memanen sejumlah besar data dari perangkat penggunanya, termasuk kapan, di mana, dan bagaimana mereka melakukan aktivitas...
AFP

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 08 Desember 2022, 10:50 WIB
PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya