Senin 25 April 2022, 21:18 WIB

Iran Puji Pembicaraan Terbaru dengan Arab Saudi Bernilai Positif

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Puji Pembicaraan Terbaru dengan Arab Saudi Bernilai Positif

AFP/Joe Klamar dan Ozan Kose.
Bendera Iran dan Arab Saudi.

 

IRAN mengatakan, Senin (25/4), bahwa putaran terakhir pembicaraan dengan saingan regionalnya, Arab Saudi, bernilai positif dan serius serta menyuarakan harapan untuk kemajuan lebih lanjut segera. Teheran dan Riyadh, yang memutuskan hubungan diplomatik pada 2016, mengadakan empat putaran pembicaraan di Irak antara April dan September tahun lalu, dengan pertemuan kelima pada Kamis lalu.

"Perundingan putaran kelima antara Iran dan Arab Saudi di Baghdad positif dan serius dan melihat kemajuan," kata juru bicara kementerian luar negeri Saeed Khatibzadeh kepada wartawan. Iran yang mayoritas Muslim Syiah dan kerajaan Suni Arab Saudi mendukung pihak-pihak yang bersaing dalam beberapa konflik, termasuk di Yaman saat Teheran mendukung pemberontak Houthi dan Riyadh memimpin koalisi militer yang mendukung pemerintah.

Pada 2016, pengunjuk rasa Iran menyerang misi diplomatik Saudi di republik Islam itu setelah kerajaan itu mengeksekusi ulama Syiah yang dihormati, Nimr al-Nimr. Riyadh menanggapi dengan memutuskan hubungan dengan Teheran.

Baca juga: Orang-Orang Bersenjata Bunuh Pengawal Jenderal Revolutionary Guards Iran

Kantor berita Iran Nour melaporkan pembicaraan terakhir dihadiri oleh pejabat senior dari sekretariat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran dan kepala dinas intelijen Saudi. Ia menambahkan bahwa para menteri luar negeri kedua negara diperkirakan akan bertemu dalam waktu dekat.

Khatibzadeh mengatakan bahwa jika negosiasi ditingkatkan ke tingkat politik kelas satu, dapat diharapkan bahwa kemajuan dapat dicapai dengan cepat di berbagai sektor pembicaraan. Juru bicara itu juga mengatakan kesepakatan telah dicapai untuk mengadakan putaran negosiasi berikutnya antara Iran dan Arab Saudi, tetapi dia tidak menentukan tanggal. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Ist/Tass

Tiongkok Bocorkan Tujuan AS Dukung Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:58 WIB
Duta Besar Tiongkok untuk Rusia, Zhang Hanhui, juga menuduh Washington berusaha menghancurkan Moskow lewat konflik...
AFP KCNA VIA KNS

Korut Tuduh Korsel Sebarkan Covid-19 di Negaranya

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:50 WIB
Saudari Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un, Yo Jong menuduh Korea Selatan (Korsel) menyebarkan Covid-19 di negaranya melalui balon...
 STRINGER / AFP

Kapal Gandum Pertama dari Ukraina Tiba di Turki

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 09:43 WIB
Muatan kapal berbendera Sierra Leone, bernama Razoni itu sudah mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya