Senin 14 Maret 2022, 11:39 WIB

Bahas Konflik, Rusia-Ukraina Akan Lanjutkan Pembicaraan

Nur AivanniĀ  | Internasional
Bahas Konflik, Rusia-Ukraina Akan Lanjutkan Pembicaraan

AFP/Sergei KHOLODILIN / BELTA
Perundingan antara delegasi Rusia dan Ukraina.

 

PERUNDINGAN konflik antara Rusia dan Ukraina akan dilanjutkan pada Senin setelah kedua pihak memuji kemajuan pada putaran sebelumnya yang bertujuan untuk mengakhiri pertempuran.

Pembicaraan akan dilanjutkan melalui konferensi video pada Senin, menurut Mykhailo Podolyak, Penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan bagian dari tim perunding pada Minggu malam.

Baca juga: Usai Kuasai Darat, Rusia Kepung Ukraina di Laut

Pernyataannya, di Twitter, mengonfirmasi pernyataan sebelumnya oleh Juru Bicara Kepresidenan Rusia Dmitry Peskov.

"Negosiasi berjalan tanpa henti dalam format konferensi video," tulis Podolyak pada Minggu dalam sebuah unggahan berbahasa Inggris di Twitter.

"Pada Senin, 14 Maret, akan diadakan sesi negosiasi untuk menyimpulkan hasil awal," katanya.

Sebelumnya dikutip oleh kantor berita Rusia, Peskov mengatakan bahwa negosiasi dijadwalkan untuk dilanjutkan pada Senin.

Konfirmasi putaran pembicaraan berikutnya datang setelah kedua belah pihak mengatakan mereka membuat kemajuan dalam negosiasi yang bertujuan untuk mengakhiri lebih dari dua minggu pertempuran langsung antara tentara Rusia dan Ukraina.

Seorang anggota senior tim perunding Rusia Leonid Slutsky mengatakan kepada jaringan televisi pemerintah RT bahwa kemajuan signifikan telah dicapai setelah beberapa putaran pembicaraan yang diadakan di perbatasan negara tetangga Belarus.

"Jika kita membandingkan posisi kedua delegasi pada awal pembicaraan dan sekarang, kita melihat kemajuan yang signifikan," katanya kepada jaringan tersebut menurut kantor berita Rusia.

"Harapan saya sendiri adalah bahwa kemajuan ini dapat berkembang selama beberapa hari ke depan menjadi posisi terpadu yang dipegang oleh kedua delegasi dalam dokumen yang akan ditandatangani," kata beberapa kantor yang mengutip pernyataannya.

Negosiator dari Moskow dan Kyiv telah mengadakan beberapa putaran pembicaraan sejak Putin mengirim pasukan ke negara itu. Turki minggu ini menjadi tuan rumah pertemuan pertama antara Menteri Luar Negeri Rusia dan Ukraina. (AFP/OL-6)

Baca Juga

Sam Yeh / AFP

Respon Latihan Militer Tiongkok, Taiwan Pamer F-16V Baru

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:44 WIB
Juru Bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Sun Li-fang mengatakan bahwa sementara Taipei mengutuk tindakan Tiongkok dalam beberapa hari...
AFP

Demi Hancurkan Rusia, AS Kembali Bantu Ukraina

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:38 WIB
Amerika Serikat (AS) sedang menyiapkan sekitar US$800 juta bantuan militer tambahan ke...
AFP KCNA VIA KNS

Korut Tolak Uluran Tangan Korsel

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:29 WIB
Korea Utara (Korut) menyatakan tidak akan pernah menerima tawaran bantuan ekonomi dari Korea Selatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya