Jumat 04 Maret 2022, 09:39 WIB

Kanselir Jerman Minta Gerhard Schroeder Tinggalkan Jabatan di Rusia

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kanselir Jerman Minta Gerhard Schroeder Tinggalkan Jabatan di Rusia

AFP/ERIC PIERMONT
Mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroeder

 

KANSELIR Jerman Olaf Scholz, Kamis (3/3), meminta mantan kanselir Jerman Gerhard Schroeder untuk meninggalkan jabatannya di perusahaan energi Rusia Rosneft dan Gazprom setelah invasi Rusia ke Ukraina.

"Saya merasa tidak tepat jika Gerhard Schroeder memperthankan posisinya. Saya rasa, yang terbaik adalah dia meningglkan posisi tersebut," ujar Scholz.

Schroeder, yang menjabat sebagai kanselir Jerman antara 1998 dan 2005 merupakan ketua dewan direktur perusahaan minyak Rusia Rosneft.

Baca juga: Brasil Tawarkan Visa Sementara dan Izin Tnggal untuk Pengungsi Ukraina

Pria berusia 77 tahun, yang sama seperti Scholz adalah anggota Partai Sosial Demokrat (SPD), juga merupakan anggota dewan pengawas di Gazprom, sejak Juni lalu.

Perusahaan gas itu merupakan pengelola pipa gas Nord Stream 2 dari Rusia, yang telah dihentikan Scholz sebagai salah satu tanggapan pertama Eropa atas invasi Ruisa ke Ukraina.

Sikap Schoeder, yang hingga kini menolak meninggalkan posisinya membuat ajudannya mengundurkan diri, pekan lalu serta klub Bundesliga Borussia Dortmund mencabut statusnya sebagai anggota kehormatan.

PSD juga telah meminta Schroeder untuk melepaskan posisinya di kedua perusahaan Rusia itu.

"Siapa pun yang pernah memegang jabatan publik harus bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa tanggung jawabnya tidak berakhir ketika dia sudah tidak lagi menjabat," tegas Scholz. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Gizmochina

Xiaomi Corp Jalakan Tes untuk 140 Kendaraan di Tiongkok Secara Otonom

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:22 WIB
Xiaomi Corp saat ini sedang menjalankan tes pada 140 kendaraan di seluruh Tiongkok untuk mengemudi secara otonom, kata CEO perusahaan Lei...
AFP

Abu Dhabi Hadirkan Festival Musik Korea Bulan Depan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 11:10 WIB
Festival musik Korea di Abu Dhabi yang dinamakan “Hyperound K-Fest 2022” akan diadakan pada 10 September di Etihad Arena di...
TANG CHHIN Sothy / AFP

112 Pabrik di Kamboja Dibuka Dalam Tujuh Bulan, Serap 76.624 Pekerja

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:24 WIB
Sebanyak 112 pabrik baru dengan total investasi US$1,19 miliar, telah dibuka di Kamboja selama tujuh bulan pertama 2022, kata juru bicara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya