Sabtu 26 Februari 2022, 09:00 WIB

IOC Desak Semua Agenda Kejuaran Olahraga di Rusia Dibatalkan

Dhika Kusuma Winata | Internasional
IOC Desak Semua Agenda Kejuaran Olahraga di Rusia Dibatalkan

AFP
Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach berbicara kepada wartawan selama konferensi pers di Pers Room, pada 18/2/2022.

 

KOMITE Olimpiade Internasional atau IOC mendesak seluruh federasi olahraga untuk membatalkan agenda kejuaraan di Rusia. IOC menyatakan Rusia melanggar Gencatan Senjata Olimpiade (Olympic Truce) dengan melakukan agresi ke Ukraina.

"Dewan Eksekutif IOC hari ini mendesak seluruh federasi olahraga internasional untuk memindahkan tempat atau membatalkan kegiatan olahraga yang dijadwalkan di Rusia atau Belarusia," demikian pernyataan resmi IOC, Sabtu (26/2).

Belarusia turut terkena seruan sanksi itu lantaran mendukung Rusia. IOC menyatakan kedua negara harus bertanggung jawab atas pelanggaran Gencatan Senjata Olimpiade dan memastikan keamanan para atlet.

Tak hanya itu, Rusia dan Belarusia juga diberi sanksi larangan pengibaran bendera negara serta pemutaran lagu kebangsaan. Untuk Rusia, sanksi itu di luar hukuman antidoping yang sebelumnya dijatuhkan WADA.

"Sebagai tambahan, Dewan Eksekutif IOC mendesak tidak ada pengibaran bendera Rusia dan Belarusia dan tidak ada pemutaran lagu kebangsaan Rusia dan Nelarusia pada ajang olahraga internasional," imbuh pernyataan IOC.

IOC menyatakan tengah berusaha memberi bantuan kemanusiaan kepada para atlet Ukraina. Satgas khusus dibentuk dan tengah berkomunikasi dengan organisasi olimpiade di Ukraina. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Kremlin Tegaskan tak Gentar terhadap Sanksi yang Diberikan Barat

Baca Juga

ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi Bertolak ke Ukraina Lewat Jalur Darat dari Polandia

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:11 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sudah menjelaskan rencana perjalanan Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dan rombongan...
AFP/Alexey DRUZHININ / SPUTNIK

Kepastian Kehadiran Vladimir Putin di KTT G20 Bukti Indonesia Dihormati dan Diperhitungkan

👤Adiyanto 🕔Selasa 28 Juni 2022, 17:09 WIB
Kehadiran Putin juga menunjukkan bahwa Rusia masih memandang Indonesia sebagai sahabat lama yang dihormati dan...
ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/Handout

Kunjungi Ukraina dan Rusia, Indonesia Buka Jalan Rekonsiliasi

👤Andhika prasetyo 🕔Selasa 28 Juni 2022, 17:08 WIB
Indonesia tengah memainkan peran sebagai 'true friend' yang tidak segan menegur sahabat demi suatu kebaikan yang lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya