Rabu 19 Januari 2022, 16:32 WIB

WHO Peringatkan Pandemi Belum Berakhir

Nur AivanniĀ  | Internasional
WHO Peringatkan Pandemi Belum Berakhir

AFP/Fabrice COFFRINI
Logo WHO terlihat di markas Organisasi Kesehatan Dunia itu di Jenewa, Swiss.

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan bahwa pandemi covid-19 masih jauh dari selesai, ketika Prancis, Jerman, dan Brasil mencatat rekor baru infeksi dalam 24 jam terakhir.

Strain omikron yang sangat menular telah menyebar tanpa henti ke seluruh dunia. Kondisi itu mendorong beberapa pemerintah untuk memberlakukan langkah-langkah baru sambil mempercepat peluncuran vaksin booster.

Baca juga: Israel Hancurkan Rumah Warga Palestina yang Ingin Bakar Diri

"Pandemi ini belum berakhir," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan pada Selasa dari kantor pusat badan tersebut di Jenewa.

Eropa berada di pusat wabah baru yang mengkhawatirkan, dengan kasus di Jerman melonjak melewati 100.000 dan Prancis melaporkan hampir setengah juta kasus pada Selasa.

Kepala kesehatan PBB itu memperingatkan agar tidak menganggap omikron sebagai penyakit ringan, ketika strain covid yang dominan itu terus memicu wabah baru dari Amerika Latin hingga Asia Timur setelah pertama kali terdeteksi di Afrika selatan pada November.

Lima juta kasus dilaporkan di Eropa minggu lalu dan WHO memperkirakan omikron dapat menginfeksi setengah dari semua orang Eropa pada Maret, dengan memenuhi rumah sakit di seluruh benua itu.

Jerman pada Selasa mencatat 112.323 kasus virus korona dan 239 kematian, kata para pejabat, dengan kasus omikron ditemukan di lebih dari 70% infeksi.

Negara-negara Eropa lainnya juga berjuang melawan melonjaknya tingkat omikron, dengan Prancis baru-baru ini rata-rata sekitar 300.000 kasus setiap hari.

Data terbaru yang dikeluarkan oleh Kesehatan Masyarakat Prancis menunjukkan bahwa ada 464.769 kasus baru dalam periode 24 jam terakhir, sebuah rekor. (AFP/OL-6)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Selidiki Pelaku Penembakan yang Diarahkan ke Sekolah

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 18:42 WIB
Sejumlah tembakan diarahkan ke sebuah sekolah di kota Bremerhaven di Jerman utara pada Kamis (19/5) dan melukai satu orang, kata...
euronews.com

Amerika Serikat Mengonfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 18:31 WIB
Amerika Serikat mengonfirmasi kasus cacar monyet pada Rabu (18/5), kasus virus langka pertama yang teridentifikasi di negara tersebut tahun...
AFP/Ahmad Gharabli.

Israel Tangkap Pembawa Jenazah Jurnalis Al Jazeera terkait Terorisme

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 17:48 WIB
Warga Palestina dan jaringan TV mengatakan pasukan Israel membunuhnya. Israel berdalih dia mungkin terbunuh oleh tembakan kelompok...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya