Kamis 07 Oktober 2021, 14:47 WIB

WNI di Qatar Diimbau Tetap Tingkatkan Prokes Meski Telah Dilonggarkan

Mediaindonesia.com | Internasional
WNI di Qatar Diimbau Tetap Tingkatkan Prokes Meski Telah Dilonggarkan

AFP/Qatar's Government Communication Office (GCO)
Ilustrasi

 

Warga Negara Indonesia (WNI) di Qatar diimbau untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan tetap menjalankan protokol kesehatan, meskipun aturan pembatasan terkait covid-19 di negara itu telah dilonggarkan.

Qatar mulai melonggarkan kebijakan untuk mengatasi pandemi covid-19 sejak 3 Oktober 2021, dengan antara lain, tidak mewajibkan penggunaan masker di ruang publik terbuka serta dimulainya kembali kegiatan belajar-mengajar tatap muka di sekolah.

Namun, masker tetap wajib dipakai di pasar, pameran, sekolah, kampus dan rumah sakit, serta oleh mereka yang bekerja di ruang terbuka.

“Meski telah dilonggarkan, tetapi kesadaran penduduk untuk menjaga dirinya dari risiko terdampak covid-19 telah terbangun dengan baik. Sejak hari pertama pelonggaran kebijakan, penduduk Qatar terpantau masih disiplin mengenakan masker,” ujar Ketua Satgas Penanganan covid-19 di Qatar Chairil Anhar Siregar dalam keterangan tertulis KBRI Doha, Kamis (7/10).

Pelonggaran kebijakan tersebut diputuskan setelah mempertimbangkan penurunan signifikan temuan jumlah kasus harian covid-19 dan kesuksesan penyelenggaraan program vaksinasi nasional di Qatar yang telah berlangsung sejak 23 Desember 2020.

Sejak 26 September 2021, temuan kasus covid-19 di Qatar berada di bawah kisaran 100 kasus tiap harinya dan hingga saat ini sebanyak 4.737.750 dosis vaksin telah diberikan kepada penduduk Qatar secara gratis.

Vaksin yang digunakan adalah Pfizer dan Moderna, keduanya memiliki tingkat efikasi tertinggi hingga saat ini. Sementara itu, suntikan penguat (booster) vaksin sudah diberikan sejak 15 September 2021.

KBRI Doha melalui Satgas Penanganan covid-19 di Qatar akan terus memberi pelindungan kepada WNI di Qatar, salah satunya dengan terus meningkatkan kesadaran WNI agar tetap menjaga kesehatan dan memanfaatkan program vaksinasi nasional di Qatar secara optimal.

Berdasarkan data KBRI, sebagian besar dari 17.000 WNI yang berada di Qatar telah mendapatkan suntikan vaksin covid-19. Sebagai gambaran, sekitar 80 persen penduduk Qatar, termasuk WNI di negara itu, telah mendapatkan vaksin. (Ant/OL-12)

Baca Juga

AFP/NELSON ALMEIDA

Brasil Hapus Aturan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 bagi Pelancong Asing

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 08 Desember 2021, 16:09 WIB
Sampai saat ini, satu-satunya persyaratan adalah menunjukkan hasil tes PCR...
Foto/DOK PUSPEN TNI

Menlu: Indonesia Komitmen Tambah 1.000 Personel Penjaga Perdamaian

👤 Nur Aivanni 🕔Rabu 08 Desember 2021, 14:34 WIB
Menlu Retno Marsudi menyampaikan bahwa pelatihan dan peningkatan kapasitas diperlukan untuk mendukung peacekeepers yang seringkali bertugas...
AFP/BERTRAND GUAY

Prancis Catat Rekor Kasus Harian Covid-19

👤Nur Aivanni  🕔Rabu 08 Desember 2021, 13:31 WIB
168 pasien covid-19 meninggal dalam 24 jam terakhir, dan 12.714 pasien saat ini dirawat di rumah sakit di seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya