Kamis 19 Agustus 2021, 10:06 WIB

Peringati HUT Ke-76 RI di KBRI Wina, Dubes Bagian Bantuan untuk Mahasiswa

mediaindonesia.com | Internasional
Peringati HUT Ke-76 RI di KBRI Wina, Dubes Bagian Bantuan untuk Mahasiswa

Ist
Peringatan HUT Ke-76 RI di Lingkungan Gedung KBRI di Wina, Austria.

 

KEDUTAAN Besar Republik Indonesia (KBRI) atau Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Wina Austria, menggelar peringatan HUT Ke 76 RI, bersama masyarakat dan diaspora Indonesia.

Bersamaan dengan peringatan HUT Ke-76 RI, Duta Besar (Dubes) RI untuk Austria, Slovenia, dan PBB, Dr. Darmansjah Djumala membagikan secara simbolis paket bantuan pandemi kepada dua perwakilan mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Austria.

Nantinya, paket bantuan pandemi itu dibagikan kepada mahasiswa dan pelajar Indonesia yang berada di Austria dengan berkoordinasi dengan PPI Austria.

Bantuan pandemi ini sejalan dengan tren jumlah kasus positif Covid-19 yang mulai meningkat di Austria dalam beberapa pekan terakhir akibat libur musim panas masyarakat Austria ke Eropa.

Bantuan tersebut sesuai dengan prioritas 4+1 Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), khususnya prioritas kedua yaitu perlindungan.

Bantuan pandemi KBRI/PTRI Wina kepada para mahasiswa Indonesia merupakan bagian dari kehadiran negara dalam upaya pencegahan dampak kesehatan dengan membantu meningkatkan daya tahan tubuh mahasiswa di masa pandemi yang tidak menentu.

Sementara  itu, kendati masih dalam suasana pandemi namun tidak menurunkan semangat masyarakat dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia untuk turut meramaikan rangkaian kegiatan merayakan HUT ke-76 RI yang diselenggarakan KBRI/PTRI Wina.

Rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan yaitu terdiri dari kegiatan olahraga pada 15 Agustus 2021 di salah satu fasilitas olahraga kota Wina dan upacara peringatan detik-detik proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2021 di KBRI/PTRI Wina.

Rangkaian acara peringatan HUT RI ke-76 diawali dengan kegiatan olahraga yang terdiri dari pertandingan cabang tenis meja dan badminton diikuti sekitar 60 warga  dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia.

“Pertandingan olahraga bukan sekedar mencari juara namun yang paling penting adalah menjaga Kesehatan kita dan semua berbahagia,” ujar Djumala dalam sambutan pembukaan kegiatan olahraga tersebut.

Setelah tahun lalu ditiadakan karena pandemi Covid-19. Kegiatan olahraga dapat dilakukan kembali dengan pertandingan antara ganda putra dan ganda putri yang memperebutkan juara 1 dan 2 cabang tenis meja dan badminton.

Suasana penuh dengan rasa kekeluargaan yang hangat dan bergembira sangat terasa disaat masyarakat dan diaspora saling bertemu setelah lamanya kegiatan serupa ditiadakan.

Pada 17 Agustus 2021, masyarakat dan diaspora Indonesia yang terdiri dari para pejabat dan staf KBRI/PTRI Wina, Dharma Wanita Persatuan (DWP), PPI Austria, serta wakil-wakil organisasi masyarakat Indonesia di Austria hadir dengan penuh semangat dan kekhidmatan pada acara Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di KBRI Wina.

Namun karena peraturan kesehatan yang masih membatasi jumlah orang yang dapat berkumpul, maka upacara hanya menghadirkan sekitar 65 peserta dan petugas upacara.

Bagi masyarakat dan diaspora Indonesia lainnya yang tidak dapat hadir secara fisik tetap dapat turut serta dalam upacara virtual peringatan HUT ke-76 RI melalui kanal Youtube KBRI/PTRI Wina. Pembagian hadiah pemenang lomba olah raga juga telah diberikan setelah upacara HUT RI ke-76.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-76 RI terlaksana dengan baik dan lancar dengan memenuhi peraturan protokol kesehatan setempat yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan membawa bukti 3G (bukti telah divaksinasi, tes negatif Covid-19, dan telah sembuh dari Covid-19). (RO/OL-09)

Baca Juga

AFP/Jung Yeon-je

Tiongkok dan Rusia Veto Sanksi Korut yang Diusulkan AS

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 08:49 WIB
Bersama dengan Beijing, Moskow telah lama menentang peningkatan tekanan terhadap Korut, bahkan meminta keringanan sanksi internasional...
AFP/Ben STANSALL

Portugal Selidiki Proses Naturalisasi Roman Abramovich

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 21 Januari 2022, 08:22 WIB
Penyelidikan ini merupakan bagian dari penyelidikan internal oleh Institut Pencatatan dan Notaris (IRN), yang memberikan kewarganegaraan...
AFP/Andreas Solaro.

Vatikan Ungkapkan Malu dan Penyesalan atas Kasus Pelecehan Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:57 WIB
Benediktus, sekarang berusia 94 tahun, ialah uskup agung Munich dan Freising dari 1977 hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya