Senin 16 Agustus 2021, 10:30 WIB

Korban Tewas Gempa Haiti Melonjak, Lebih dari 1.200

Nur Aivanni | Internasional
Korban Tewas Gempa Haiti Melonjak, Lebih dari 1.200

AFP/Stanley Louis
Tim penyelamat sedang melakukan aksi menemukan korban-korban reruntuhan akibat gempa bumi di Haiti

 

KORBAN tewas dalam gempa kuat di Haiti melonjak menjadi lebih dari 1.200 pada hari Minggu (15/8). Tim penyelamat berjuang keras menggali gedung-gedung yang runtuh untuk menemukan korban yang selamat di negara Karibia tersebut.

Di Les Cayes, seperti di kota-kota lain yang terkena dampak parah di semenanjung barat daya, sebagian besar penduduk menghabiskan malam dengan tidur di depan rumah mereka – atau yang tersisa – di tengah kekhawatiran akan gempa susulan yang baru.

Jalan-jalan di sana dipenuhi dengan suara alat berat yang mengangkat puing-puing dari bangunan runtuh, serta suara dari orang-orang yang menarik puing-puing dengan tangan dalam mencari orang-orang yang masih belum ditemukan.

"Terima kasih kepada Tuhan dan juga telepon saya, saya masih hidup," kata Marcel Francois, yang diselamatkan dari rumah bertingkatnya yang runtuh di Les Cayes.

Baca juga: Gempa Haiti Tewaskan 304 Orang, Petugas Terus Cari Korban Selamat

Adik laki-lakinya, Job Francois, mengatakan Marcel yang terdengar putus asa meneleponnya. "'Ayo selamatkan saya, saya di bawah beton'... Dia bilang dia tidak bisa bernapas, bahwa dia sekarat," katanya.

Para tetangga dan Job menghabiskan waktu berjam-jam untuk membebaskan dia dan putrinya yang berusia 10 tahun dari reruntuhan.

Setidaknya ada 1.297 orang yang tewas dalam gempa berkekuatan 7,2 SR yang melanda pada Sabtu sekitar 100 mil (160 kilometer) di sebelah barat ibu kota yang padat penduduk, Port-au-Prince.

Sekitar 13.600 bangunan hancur dan lebih dari 13.700 rusak, ratusan orang terperangkap di bawah puing-puing dan menyebabkan lebih dari 5.700 orang terluka, kata badan perlindungan sipil negara itu dalam sebuah pembaruan.

Amerika Serikat dan negara-negara lain telah berjanji untuk membantu Haiti mengatasi bencana tersebut. (AFP/OL-5)

Baca Juga

BPMI Setpres

Presiden: Rusia Harus Bantu ASEAN Jaga Stabilitas Kawasan

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:49 WIB
Jokowi mengungkapkan kemitraan ASEAN-Rusia yang telah terjalin lama bisa menjadi penyangga stabilitas...
AFP

AS Kecam Pengambilalihan Kekuasaan oleh Militer Sudan

👤Nur Aivanni  🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:14 WIB
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengutuk pengambilalihan kekuasaan oleh militer Sudan dan penangkapan para pemimpin sipil negara...
AFP/Ahmad Gharabli.

Israel Perintahkan Dua Saudara Palestina Hancurkan Rumah Mereka

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 23:00 WIB
Perintah militer memberi batas waktu kepada Jahalin bersaudara itu sampai 1 November untuk melaksanakan perintah pembongkaran...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kebut Penyelesaian Sanksi WADA

Satgas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA akan bekerja lebih cepat mengingat jadwal kompetisi internasional yang padat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya