Kamis 12 Agustus 2021, 20:55 WIB

Israel dan Arab Saudi sedang Bahas Penanganan Iran

Mediaindonesia.com | Internasional
Israel dan Arab Saudi sedang Bahas Penanganan Iran

AFP/Emmanuel Dunand.
Issawi Frej.

 

ISRAEL dan Arab Saudi melakukan kontak langsung tentang musuh regional Iran, kata seorang menteri Israel. Menteri Kerja sama Regional Israel Issawi Frej mengatakan ada kesepakatan dengan Riyadh dan negara-negara Teluk lain tentang Iran. 

Itu dilaporkan media Alhurra pada Senin (9/8) sebagaimana dikutip dari Al-Araby. Pertemuan tentang masalah itu sedang berlangsung.

Frej, seorang warga Palestina berkebangsaan Israel, mengatakan kepada penyiar berbahasa Arab bahwa risiko yang ditimbulkan oleh Iran menuntut kerja sama regional dan internasional. Ini mendorong pembicaraan dengan Arab Saudi yang tidak secara resmi mengakui negara Israel.

Baca juga: Telepon Macron, Raisi Minta Perjanjian Nuklir Jamin Hak Rakyat Iran

Frej mengatakan dia bermimpi bepergian langsung ke Arab Saudi untuk haji. Impian itu dia rasa mungkin akan terjadi dalam waktu dekat. Dia juga memuji hubungan kuat Israel dengan tetangga Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA). 

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, imbuhnya, akan segera melakukan perjalanan ke Yordania untuk membangun kembali hubungan dan memulihkan kepercayaan setelah hubungan rusak di bawah mantan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. "Akan ada kerja sama di bidang ekonomi mengenai energi surya dan air," katanya.

Dia mengatakan ada juga rencana untuk menghubungkan Laut Mati dan Teluk Eilat yang tidak pernah terwujud karena alasan teknis dan politik. Hal itu masih dipertimbangkan oleh kantornya.

Baca juga: Israel akan Izinkan Pembangunan 2.000 Rumah bagi Pemukim

"Selama beberapa minggu mendatang, keputusan akan diambil yang akan sangat penting untuk perbaikan dan jenis hubungan dengan saudara-saudara di Yordania," katanya tanpa menjelaskan dengan rinci. 

Frej, yang merupakan anggota Partai Meretz sayap kiri, juga mengklaim bahwa Israel sedang menyelidiki penderitaan saudara-saudara Palestina kita di Gaza. Dia mengatakan negara itu sedang mempertimbangkan Protokol Paris, kesepakatan yang mengatur kerja sama Israel-Palestina dan di bawah kementeriannya, dan dapat memasukkan Gaza dalam perjanjian tersebut.

Baca juga: Irak Undang Iran dan Saudi Hadiri Pertemuan Akhir Bulan Ini

Palestina kemungkinan akan menjadi agenda dalam pertemuan mendatang antara pejabat AS dan PM Bennett, tambahnya. (OL-14)

Baca Juga

Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP

Presiden Jokowi akan Bertemu Zelensky dan Putin, HMI: Langkah Sangat Tepat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:22 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bertemu dengan dua pemimpin negara yang sedang berperang, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan...
AFP

Hadapi Krisis Global, PBB Siapkan Dana Rp311 Miliar

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 18:22 WIB
Di tengah ancaman krisis pangan hingga keuangan, 70 negara telah mengajukan proposal bantuan kepada PBB, dengan 69 negara di antaranya...
Eva Marie UZCATEGUI / AFP

NASA tunjuk 3 Perusahaan untuk Desain Sistem Tenaga Nuklir di Bulan

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 15:00 WIB
Ketiga perusahaan tersebut antara lain Lockheed Martin dari Maryland, Westinghouse dari Cranberry Township, Pennsylvania serta IX dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya