Rabu 11 Agustus 2021, 18:25 WIB

Malaysia Tetap Pilihan Destinasi Pendidikan Tinggi Global

Mediaindonesia.com | Internasional
Malaysia Tetap Pilihan Destinasi Pendidikan Tinggi Global

DOK EMGS.
Sebanyak 67 pelajar Indonesia tiba di Malaysia pada Maret 2021.

 

MALAYSIA pada saat pandemi tetap menjadi destinasi pendidikan tinggi global. Ini karena negara itu punya sistem pendidikan berkualitas bertaraf internasional dan perguruan tinggi dalam jumlah banyak untuk menerima mahasiswa internasional. 

Direktur Eksekutif Education Malaysia Global Services (EMGS) Mohd Radzlan Bin Jalaludin mengemukakan hal itu ketika ditemui di Kuala Lumpur, Rabu (11/8), terkait pendidikan tinggi di Malaysia. Berdasarkan data yang diambil sampai dengan Juni 2021, terdapat lebih dari 240 institusi pendidikan tinggi (IPT) di Malaysia yang membuka pendaftaran kepada pelajar luar negeri. Ini memberikan peluang yang lebih besar kepada pelajar untuk memilih institusi guna melanjutkan pendidikan mereka di Malaysia. 

"Malaysia memiliki lima universitas yang terdaftar dalam QS World University Ranking 2022 yaitu Universiti Malaya (UM) nomor urut 65, Universiti Putra Malaysia (UPM) 143, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) 144, Universiti Sains Malaysia (USM) 147, dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) 191. Kedudukan rangking perguruan tinggi setempat setiap tahun juga menunjukkan kemampuan pendidikan tinggi Malaysia bersaing dengan universitas-universitas terkemuka di dunia," ucap Encik Mohd Radzlan Bin Jalaludin.  

Malaysia terkenal dengan penduduknya yang terdiri dari berbagai suku, bangsa, dan agama.Sifat ramah dan suka membantu warganya antara satu sama lain menarik minat mahasiswa internasional untuk mengenali keunikan negara ini. Malaysia merupakan negara yang selamat, aman, dan sejahtera apalagi berdasarkan tinjauan yang dilakukan oleh Big 7 Travel, Kuala Lumpur telah dinobatkan sebagai kota kedua paling ramah atau friendliest. Pada Global Peace Index (GPI-2021), Malaysia berada di nomor urut ke-23 negara paling aman di dunia.  

Malaysia punya biaya hidup yang pantas untuk mahasiswa dibanding negara lain termasuk biaya belanja harian, biaya transportasi, biaya tempat tinggal, dan iuran pendidikan. Malaysia yang strategis karena terletak di tengah benua Asia memudahkan mahasiswa untuk ke negara tetangga berdekatan saat libur semester atau pulang ke negara mereka sewaktu libur semester. Kelebihan lain yaitu pengunaan Bahasa Inggris yang meluas di Malaysia sehingga mahasiswa dapat berkomunikasi dengan mudah. Malaysia juga negara modern dan progresif. Ini merupakan keistimewaan yang menarik mahasiswa internasional untuk menyambung pendidikan mereka di Malaysia.  

Terkait tentang EMGS, Mohd Radzlan mengatakan lembaga ini termasuk perusahaan terbatas bergaransi atau Company Limited by Guarantee (CLBG) di bawah Kementrian Pengajian Tinggi. EMGS merupakan badan utama yang menguruskan pergerakan mahasiswa internasional di Malaysia termasuk pemprosesan visa bagi mahasiswa internasional. EMGS juga organisasi yang bertanggung jawab mempromosikan Malaysia sebagai tujuan pilihan pendidikan internasional dan meletakkan Malaysia di antara 10 destinasi pendidikan teratas di dunia.   

Pada Maret 2021, Malaysia telah menerima 67 mahasiswa pascasarjana dari Indonesia yang menerima beasiswa dari Nusa Tenggara Barat. Mahasiswa dan mahasiswi ini masuk ke Malaysia setelah mematuhi standar operasi prosedur (SOP) pemerintah Malaysia dan pihak perguruan tinggi masing-masing. "Mereka juga telah mengikuti sesi arahan Visa NTB secara online yang telah dianjurkan oleh pihak EMGS pada Februari 2021. Kami juga masih menerima dan memproses visa mahasiswa dari negara lain kecuali negara yang ditutup sementara untuk masuk ke Malaysia," katanya.  

Selain itu, EMGS melancarkan portal baru, Discover Education Malaysia Portal, (discover.educationmalaysia.gov.my), mengenai informasi semua institusi pendidikan tinggi di Malaysia sejajar dengan jenama Study in Malaysia. Terkini, EMGS melancarkan ekspo pendidikan digital secara dalam jaringan atau online Study in Malaysia Premier Edufair Showcase 2021. Ini merupakan ekspo pengalaman virtual 360 derajat yang pertama diprakarsai EMGS dan bakal berlangsung pada 14 Agustus yang terbagi untuk tiga wilayah dunia yaitu Timur Tengah, Afrika Utara, Asia Tengah, dan Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Ekspo ini juga disertai oleh lebih 26 institusi pendidikan tinggi yang terkenal dari seluruh Malaysia. Pengunjung berpeluang bertemu terus secara online dengan wakil universitas untuk mendapatkan informasi mengenai pendidikan tinggi Malaysia.  

Baca juga: Dilonggarkan Pemerintah Penumpang Bandara Heathrow Mulai Melonjak

"Mahasiswa dan orangtua juga bisa mendapatkan informasi mengenai penawaran perkuliahan, pembiayaan pendidikan, dasar dan prosedur permohonan masuk melalui aplikasi online, dan syarat-syarat kelayakan yang diperlukan dari wakil-wakil universitas terkait," katanya. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai EMGS, pelajar dapat mengunjungi Instagram EMGS di education.malaysia.official dan Facebook @Education.Malaysia.Official. (RO/OL-14)

Baca Juga

AFP.

Gempa Berkekuatan 7,2 SR Guncang Peru Selatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:25 WIB
Gempa terjadi pada pukul 07.02 waktu setempat pada kedalaman 218 kilometer, menurut USGS. Pusat Seismologi Nasional Peru mengatakan gempa...
AFP/Fabrice Coffrini.

Iran Sebut Zionis Kontrol Kebijakan AS terkait Kesepakatan Nuklir

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:55 WIB
Israel telah membuatnya seolah-olah mempertahankan IRGC dalam daftar itu penting untuk masa depan pembicaraan Iran, tetapi tidak demikian,...
AFP/Hazem Bader.

Investigasi CNN Perkuat Klaim Tentara Israel Bunuh Jurnalis Al Jazeera

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:01 WIB
Pada saat-saat berikutnya, seorang pria berkaus putih mencoba beberapa kali untuk memindahkan Abu Akleh, tetapi dipaksa mundur berulang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya