Rabu 11 Agustus 2021, 14:05 WIB

Menlu Israel Terbang ke Maroko Buka Kantor Diplomatik

Mediaindonesia.com | Internasional
Menlu Israel Terbang ke Maroko Buka Kantor Diplomatik

AFP/Fadel Senna.
Turis Israel tiba di Bandara Internasional Marrakech-Menara dalam penerbangan komersial langsung pertama Israel-Maroko, akhir Juni lalu.

 

MENTERI Luar Negeri Israel Yair Lapid berangkat ke Maroko, Rabu (11/8), pada kunjungan resmi pertama sejak Rabat bergabung dengan tiga negara Arab lain dalam normalisasi hubungan tahun lalu. Israel dan Maroko menormalkan hubungan tahun lalu setelah Presiden AS saat itu Donald Trump mengakui kedaulatan Maroko yang diperebutkan di Sahara Barat.

"Lepas landas untuk kunjungan bersejarah ke Maroko!" Lapid menulis di Twitter. Ia mem-posting foto layar keberangkatan maskapai El Al. 

Maroko merupakan negara Arab keempat yang menjalin hubungan dengan Israel tahun lalu setelah Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Sudan. Langkah itu membuat marah Palestina karena menghancurkan konsensus Arab yang sudah lama ada bahwa tidak boleh ada normalisasi sampai Israel menyetujui perdamaian yang komprehensif dan abadi.

Lapid dijadwalkan membuka kantor diplomatik di Rabat dan mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Maroko Nasser Bourita. Dia juga diperkirakan akan mengunjungi sinagoge Beth-El di Casablanca dalam kunjungan dua harinya, kata Kementerian Luar Negeri Israel.

Negara Afrika Utara itu menampung komunitas Yahudi terbesar di dunia Arab yang berjumlah sekitar 3.000 orang. Mereka ialah sisa-sisa komunitas yang dulunya jauh lebih besar. 

Sekitar 700.000 orang Yahudi keturunan Maroko sekarang tinggal di Israel. Maroko dan Israel mempertahankan kantor penghubung pada 1990-an, sebelum menutupnya selama intifada Palestina kedua yang berkecamuk dari 2000 hingga 2005.

Kunjungan Lapid ke Rabat menyusul perjalanan pada Juni ke Uni Emirat Arab. Saat itu ia meresmikan kedutaan baru Israel di Abu Dhabi.

Baca juga: Kepresidenan Iran Konfirmasi Raisi Diundang ke KTT Baghdad

Kunjungan itu terjadi ketika beberapa hari sebelumnya Israel mewajibkan semua pelancong yang kembali dari Maroko untuk dikarantina menyusul tinjauan risiko infeksi covid-19. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Mahmud Hams.

Israel tidak akan Selidiki Pembunuhan Jurnalis Palestina-Amerika

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 22:02 WIB
Divisi Investigasi Kriminal Polisi Militer tentara Israel, yang dikenal dengan bahasa Ibraninya, Metzah, tidak berencana menyelidiki...
AFP/Ahmad Gharabli.

Anggota Knesset Mundur, Pemerintah Israel Kini Minoritas dalam Parlemen

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:17 WIB
Menyetujui mosi untuk membubarkan parlemen dan mengadakan pemilihan baru membutuhkan 61...
AFP/Abbas Momani.

Mahasiswa Hamas Rayakan Kemenangan Jajak Pendapat Universitas Tepi Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:35 WIB
Blok Islam Al Wafaa Hamas memenangkan 28 dari 51 kursi di dewan mahasiswa di Universitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya