Senin 28 Juni 2021, 10:30 WIB

Cegah Covid-19 Varian Delta, Afrika Selatan Terapkan Pembatasan Lagi

Nur Aivanni | Internasional
Cegah Covid-19 Varian Delta, Afrika Selatan Terapkan Pembatasan Lagi

Leon Neal / POOL / AFP
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

 

PRESIDEN Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, pada Minggu (27/6), memberlakukan kembali pembatasan selama dua minggu untuk memerangi lonjakan Covid-19 varian Delta yang sangat menular.

Dalam pidato yang disiarkan televisi kepada negara itu, presiden mengatakan bahwa negara itu, yang paling parah terkena dampak di benua itu, menghadapi kebangkitan infeksi besar-besaran.

"Fasilitas kesehatan kami direntangkan hingga batasnya, tempat tidur ICU kekurangan pasokan," katanya ketika dia menempatkan negara itu pada tingkat siaga empat, hanya satu tingkat di bawah penguncian penuh.

Dia melarang semua pertemuan, namun untuk pemakaman jumlahnya akan dibatasi 50 orang, dan juga memerintahkan larangan penjualan alkohol.

Tempat makan dan restoran tidak lagi dapat menyajikan makanan untuk makan di tempat, dan hanya akan diizinkan untuk menjual makanan untuk dibawa pulang atau diantar. Jam malam pun diperpanjang satu jam.

Pihak berwenang mengatakan puncak gelombang ketiga - yang didorong oleh varian Delta yang pertama kali diidentifikasi di India - akan melampaui gelombang sebelumnya ketika negara itu berjuang untuk segera meluncurkan vaksinasi.

"Kami berada dalam cengkeraman gelombang dahsyat yang dengan semua indikasi sepertinya akan lebih buruk daripada yang mendahuluinya. Puncak gelombang ketiga ini tampaknya akan lebih tinggi dari dua gelombang sebelumnya," katanya.

Afrika Selatan sekarang mencatat 1.928.897 kasus setelah 15.036 kasus baru pada hari Minggu, turun dari hari sebelumnya ketika 18.762 infeksi baru didiagnosis. Setidaknya 59.900 dari kasus itu berakibat fatal. (AFP/Nur/OL-09)

Baca Juga

AFP/Maya Alleruzzo and Bandar Al-Jaloud.

Usai Ditelepon, Netanyahu Izinkan Putra Mahkota Saudi Pergunakan Pegasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 23:02 WIB
Mereka merujuk pada kasus Jamal Khashoggi. Jurnalis itu dilacak dengan spyware menjelang pembunuhannya pada...
AFP/Jaafar Ashtiyeh.

Berakhirnya Panjajahan Israel dan Berdirinya Palestina tidak Tergantung Bennett

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 22:26 WIB
Al-Sheikh menanggapi pernyataan Bennett bahwa dia tidak akan berdamai dengan Otoritas Palestina atau bernegosiasi dengannya atau mendukung...
AFP/Julien De Rosa.

Aktivis Palestina yang Dibebaskan Sebut Mesir sebagai Penjara Besar

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 21:33 WIB
Pada awalnya rekan-rekan tahanannya sebagian besar ialah aktivis masyarakat sipil atau pendukung kelompok Islamis termasuk Ikhwanul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya