Minggu 20 Juni 2021, 09:53 WIB

Israel Sebut Presiden Iran Baru Berkomitmen untuk Program Nuklir

Nur Aivanni | Internasional
Israel Sebut Presiden Iran Baru Berkomitmen untuk Program Nuklir

ATTA KENARE / AFP
Seorang wanita membawa poster Presiden Iran terpilih Ebrahim Raisi dengan tulisan 'Pemerintah Rakyat, Orang kuat' di Teheran, Iran.

 

ISRAEL, pada Sabtu (19/6), mengutuk Presiden Iran yang baru terpilih Ebrahim Rais, dengan mengatakan dia adalah presiden paling ekstrem dan berkomitmen untuk segera memajukan program nuklir Teheran.

"Presiden baru Iran, yang dikenal sebagai Algojo Teheran, adalah seorang ekstremis yang bertanggung jawab atas kematian ribuan orang Iran. Dia berkomitmen pada ambisi nuklir rezim itu dan kampanye teror globalnya," kata Menteri Luar Negeri Yair Lapid di Twitter.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan terpilihnya Raisi seharusnya memicu kekhawatiran serius di kalangan masyarakat internasional.

Pemerintah baru Israel, yang dilantik pada Minggu (20/6), mengatakan pihaknya akan keberatan dengan kebangkitan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara kekuatan dunia dan musuh bebuyutannya, Iran. Israel melihat Iran yang bersenjata nuklir sebagai ancaman eksistensial.

Mengikuti garis kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintahan mantan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan, "Lebih dari sebelumnya, program nuklir Iran harus segera dihentikan, dibatalkan sepenuhnya dan dihentikan tanpa batas waktu".

"Program rudal balistik Iran harus dibongkar dan kampanye teror globalnya dilawan dengan keras oleh koalisi internasional yang luas," tambahnya.

Raisi, seorang hakim garis keras yang berada di bawah sanksi AS untuk pelanggaran hak asasi manusia, memperoleh kemenangan seperti yang diperkirakan pada Sabtu (19/6) dalam pemilihan Presiden Iran. (Straits Times/Nur)

Baca Juga

AFP/Jason Tarleton.

Israel Dorong PBB Bertindak kepada Iran atas Serangan Kapal Tanker

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 21:08 WIB
Kapal tanker MT Mercer Street dihantam, Kamis (30/7), di Samudra Hindia bagian utara. Serangan itu menewaskan dua...
Tuwaedaniya MERINGING / AFP

Thailand Catat Rekor Harian 18.912 Kasus Covid-19 Baru

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 14:48 WIB
Thailand juga melaporkan 178 kematian baru, yang juga merupakan rekor harian, menjadikan total kematian mencapai 4.857...
STR / AFP

Unjuk Rasa Tuntut Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Mundur

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 31 Juli 2021, 14:39 WIB
Sekitar 200 hingga 300 pengunjuk rasa berkumpul di pusat kota Kuala Lumpur pada Sabtu (31/7) pagi untuk menuntut pengunduran diri Perdana...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya