Jumat 28 Mei 2021, 19:47 WIB

Sambut Kemenangan Assad, Rusia Kecam Barat Intervensi Suriah

Mediaindonesia.com | Internasional
Sambut Kemenangan Assad, Rusia Kecam Barat Intervensi Suriah

AFP/Louai Beshara.
Warga Suriah mengibarkan bendera nasional di jalan-jalan ibu kota Damaskus, sehari setelah pilpres yang memenangkan Presiden Bashar Assad.

 

RUSIA menyambut kemenangan Presiden Suriah Bashar al-Assad setelah ia mengklaim terpilih kembali dengan kemenangan telak dalam pemungutan suara yang dikritik oleh oposisi dan negara-negara Barat.

"Kemenangan yang menentukan dimenangkan oleh kepala negara yang sedang menjabat," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataan, Jumat (28/5).

"Kami memandang pemilu sebagai urusan kedaulatan Republik Arab Suriah dan langkah penting untuk memperkuat stabilitas internalnya," tambahnya.

 

Pemungutan suara kontroversial yang memperpanjang cengkeraman Assad pada kekuasaan merupakan kali kedua sejak konflik sipil terjadi selama satu dekade. Konflik itu menewaskan lebih dari 388.000 orang, jutaan orang mengungsi, dan menghancurkan infrastruktur negara.

Menjelang pemilu, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Jerman, dan Italia mengatakan pemungutan suara itu tidak bebas dan tidak adil. Pihak oposisi yang terfragmentasi di Suriah menyebutnya sebagai lelucon.

Rusia telah menjadi sekutu utama rezim Suriah dalam konflik tersebut. Intervensinya dalam perang pada September 2015 dipandang telah mengubah gelombang pertempuran untuk mendukung Assad.

 

Kementerian Luar Negeri Rusia menggambarkan pernyataan Barat yang mempertanyakan keabsahan pemilu sebagai upaya lain untuk mencampuri urusan dalam negeri Suriah dengan tujuan untuk menggoyahkannya.

"Tidak ada yang memiliki hak untuk mendikte Suriah kapan dan dalam kondisi apa mereka harus memilih kepala negara mereka," katanya. (AFP/OL-14)

Baca Juga

Dok MI

AS dan Tiongkok Terus Dominasi Indo-Pasifik

👤Nur Aivanni  🕔Senin 06 Desember 2021, 17:03 WIB
Asia Power Index mempertimbangkan berbagai ukuran, termasuk kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta...
AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya