Rabu 26 Mei 2021, 22:03 WIB

Gunung Nyiragongo Meletus 20 Ribu Orang Kongo Kehilangan Rumah

Mediaindonesia.com | Internasional
Gunung Nyiragongo Meletus 20 Ribu Orang Kongo Kehilangan Rumah

news.un.org
Gunung Nyiragongo meletus pada Sabtu (22/5).

 

Lebih dari 20.000 orang kehilangan rumah dan 40 lainnya hilang akibat letusan gunung berapi di Kongo timur yang menewaskan puluhan orang dan terus menyebabkan gempa bumi kuat di kota terdekat Goma, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (26/5).

Letusan pada Sabtu (22/5) menimbulkan sungai lava yang mengalir menuruni lereng bukit dari Gunung Nyiragongo. Bencana itu menghancurkan ratusan rumah dan memaksa ribuan orang mengungsi.

Awan abu yang disebabkan oleh letusan telah menutup bandara di Goma dan Bukavu, dan kemungkinan menyebabkan penyakit pernapasan, kata Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) PBB dalam sebuah pernyataan.

Orang-orang yang meninggalkan rumah mereka telah kehilangan harta benda berharga termasuk sepeda motor yang hancur oleh aliran lahar, atau dijarah, kata OCHA.

Lebih dari 200 gempa bumi berkekuatan kecil dan menengah telah menyebabkan retakan di gedung dan jalan di Goma, yang berjarak 15 kilometer dari Nyiragongo. Sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, tetapi retakan tersebut telah menyebabkan kepanikan di antara warga yang tidak yakin apakah bahaya telah berlalu.

"Kemarin kecil sekali, di sini persis di seberang rumah saya, tetapi hari ini sudah melebar. "Menyeramkan. Kami khawatir gedung bisa runtuh dan anak-anak kami bisa jatuh," kata Susanne Bigakura, 65, merujuk pada retakan akibat letusan gunung.

Sungai lava sepanjang 1,7 kilometer yang menutup jalan utama utara dari Goma masih terlalu panas untuk disingkirkan, kata OCHA, mencegah pengiriman perdagangan dan bantuan ke salah satu tempat paling rawan pangan di Afrika.

Namun, beberapa pekerjaan telah dimulai untuk memulihkan jalan, menurut gambar yang diunggah pemerintah di Twitter. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ludovic MARIN / AFP

Lama menghilang, Jack Ma sedang Studi Tur di Spanyol

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:41 WIB
Ma sedang berada di Spanyol mengikuti studi tur pertanian dan teknologi yang berkaitan dengan isu lingkungan, berdasarkan laporan mengutip...
AFP/Kamil Krzaczynski.

Amerika Serikat Izinkan Vaksinasi Covid-19 Ketiga dari Merek Berbeda

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:24 WIB
FDA mungkin membuat pengumuman pada Rabu (20/10) ketika juga diharapkan untuk mengesahkan booster untuk vaksin Moderna dan Johnson &...
AFP/Kola Sulaimon.

Perubahan Iklim Ancam Lebih dari 100 Juta Orang Afrika

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 21:09 WIB
Dalam laporan menjelang KTT iklim COP 26 di Glasgow, PBB menyoroti kerentanan tidak proporsional Afrika tahun lalu dari kerawanan pangan,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya