Rabu 12 Mei 2021, 12:10 WIB

PM India Modi tak Hadiri Pertemuan G7 karena Situasi Covid-19

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
PM India Modi tak Hadiri Pertemuan G7 karena Situasi Covid-19

AFP/ DIPTENDU DUTTA
PM India Narendra Modi

 

PERDANA Menteri India Narendra Modi tidak akan melakukan perjalanan ke Inggris untuk menghadiri KTT kelompok negara kaya G7 yang digelar bulan depan karena situasi pandemi covid-19 di India.

India bukan bagian dari G7, tetapi diundang ke pertemuan tersebut oleh Inggris, yang memegang jabatan presiden bergilir G7 sepanjang tahun 2021.

"Sambil menghargai undangan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson untuk menghadiri KTT G7 sebagai Undangan Khusus, mengingat situasi covid-19 yang berlangsung, telah diputuskan Perdana Menteri tidak akan menghadiri KTT G7," kata Kementerian Luar Negeri India dalam sebuah pernyataan.

Keputusan untuk tak menghadiri KTT para pemimpin di Cornwall, Inggris, datang ketika India melaporkan 329.942 kasus baru dan 3.876 kematian baru.

Rata-rata tujuh hari kasus baru di India kemarin berada di rekor tertinggi 390.995 dan otoritas kesehatan internasional memperingatkan bahwa varian yang pertama kali terdeteksi di negara itu menimbulkan kekhawatiran global.

Baca juga:  PM Modi Semakin Ditekan untuk Serukan Penguncian Nasional

Total infeksi virus korona di India sekarang mencapai 22,99 juta, sementara total kematian naik menjadi 249.992. Para ahli mengatakan kematian covid-19 India hampir pasti banyak yang tidak dilaporkan.

Modi telah dikritik karena mengizinkan pertemuan besar di festival keagamaan dan mengadakan rapat umum pemilihan besar selama dua bulan terakhir bahkan ketika kasus-kasus meningkat.

Keputusan India juga muncul setelah adanya ketakutan akan virus dalam delegasi kementerian luar negeri India pada awal Mei.

Menteri Luar Negeri Subrahmanyam Jaishankar, yang telah melakukan perjalanan ke Inggris untuk pertemuan G7 dengan mitranya, mengatakan bahwa dia akan menghindari pertemuan langsung setelah kemungkinan terpapar kasus positif.

Presiden AS Joe Biden diperkirakan akan bergabung dengan para pemimpin lain pada KTT G7 yang dipimpin oleh Johnson pada 11-13 Juni.(Straitstimes/OL-5)

Baca Juga

Ist/globalhealth

WHO Ingatkan Penggunaan Masker Kain Tidak Mampu Cegah Omikron

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 21 Januari 2022, 16:41 WIB
Direktur WHO untuk Kesehatan Global Lawrence Gostin mengatakan untuk melindungi dari varian delta pun masker kain hanya memiliki...
Kenzo TRIBOUILLARD / AFP

Tiongkok Kecam Parlemen Prancis Sebut Beijing Lakukan Genosida Uighur

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 16:26 WIB
Barat menyebut kekerasan yang dilakukan oleh Tiongkok terhadap warga muslim Uighur sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan dan...
Prakash SINGH / AFP

Kasus Covid Turun, New Delhi akan Cabut Penerapan Jam Malam

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 21 Januari 2022, 15:06 WIB
Jumlah kasus baru di Delhi telah berkurang lebih dari setengahnya dari puncak 28.867 pada 13 Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya