Kamis 22 April 2021, 23:25 WIB

Hamas Ingin Pemilu Palestina Lahirkan Pemerintahan Bersatu

Mediaindonesia.com | Internasional
Hamas Ingin Pemilu Palestina Lahirkan Pemerintahan Bersatu

AFP/Mahmud Hams.
Pejuang dari Brigade Ezz-Al Din Al-Qassam, sayap bersenjata gerakan Hamas.

 

JAJAK pendapat di Palestina menunjukkan kemungkinan tidak akan ada pengulangan kemenangan telak Hamas atas Fatah dalam pemilihan parlemen terakhir pada 2006. Hal tersebut mendorong rakyat Palestina ke ambang perang saudara di tahun berikutnya.

Partai Fatah pimpinan Presiden Palestina Mahmud Abbas diperkirakan akan memenangkan jumlah terbesar dari 132 kursi di parlemen, meski jauh di bawah mayoritas. Mayoritas pemilih sekitar 79% menurut jajak pendapat yang diterbitkan oleh Pusat Media dan Komunikasi Yerusalem minggu ini menganggap pemilu itu penting.

Pemimpin Hamas yang termasuk calon anggota legislatif pada bulan depan, Khalil al-Hayya, mengatakan Hamas tidak berusaha untuk memimpin pemerintah Palestina berikutnya, melainkan berpartisipasi dalam pemerintahan persatuan. "Kami ingin pemerintah konsensus nasional," katanya.

 

"Jika itu membawa program politik yang masuk akal dan dapat diterima, itu bisa menjadi kesempatan nyata untuk mengakhiri perpecahan, menyatukan institusi, (dan) mengakhiri blokade (Israel) dan penderitaan Palestina." Hayya mengatakan bahwa meskipun ingin melihat Hamas mempertahankan 40% suara yang dimenangkannya pada 2006, dia bersikap realistis tentang biaya pemilihan untuk menjadi partai yang berkuasa.

Ia mengakui, sebagian dari penduduk Jalur Gaza kecewa dengan pemerintahan Hamas. Mereka menyaksikan tiga perang dengan Israel dan blokade yang melumpuhkan. (AFP/OL-14)

Baca Juga

STR / Telemetro Panama / AFP

Terlibat Skandal Panama Papers, 32 Warga Panama akan Diadili

👤 Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 26 Januari 2022, 14:26 WIB
Kebocoran 11,5 juta dokumen dari firma hukum Panama Mossack Fonseca pada April 2016 menyebabkan gempa politik di seluruh...
Guillermo Arias / AFP

Meksiko Didesak untuk Tingkatkan Perlindungan terhadap Jurnalis

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 26 Januari 2022, 14:17 WIB
Pembunuhan fotografer Margarito Martinez dan reporter Lourdes Maldonado telah memicu kecaman dan menjadikan Meksiko sebagai negara paling...
Noel Celis / AFP

Jelang Olimpiade Musim Dingin, Kasus Covid-19 di Kota Beijing Naik

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 26 Januari 2022, 13:54 WIB
Pada 25 Januari 2022, Tiongkok telah melaporkan total 105.749 kasus dengan gejala yang dikonfirmasi, termasuk yang lokal dan yang datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya