Kamis 15 April 2021, 06:19 WIB

Otak Penipuan Finansial Terbesar dalam Sejarah Meninggal Dunia

Basuki Eka Purnama | Internasional
Otak Penipuan Finansial Terbesar dalam Sejarah Meninggal Dunia

AFP/Don EMMERT
Bernie Madoff

 

BERNIE Madoff, otak penipuan finansial terbesar dalam sejarah yang terungkap saat krisis ekonomi 2008, meninggal dunia di dalam penjara pada Rabu (14/4) di usia 82 tahun.

Madoff menderita gagal ginjal kronis namun otoritas penjara Amerika Serikat (AS), tahun lalu, menolak permohonannya agar diizinkan menghabiskan sisa hidupnya di rumah.

Pria asal New York itu divonis penjara 150 tahun pada 2009 karena memainkan skema piramida yang mengelabui ribuan orang do dunia dan meraup keuntungan sebesar US$65 miliar.

Baca juga: Biden: Waktunya Mengakhiri Perang AS di Afghanistan

Aksi Madoff menjadi simbol buruk bagi Wall Street dan menyebabkan banyak investor menjadi miskin dalam tempo semalam.

"Kami mengonfirmasi bahwa Bernard Madoff meninggal dunia pada 14 April 2021 di Pusat Medis Federal (FMC) Butner, North Carolina," ungkap pejabat Biro Federal Penjara dalam surat yang diterima AFP.

Pada Februari 2020 lalu, kuasa hukum Madoff, Brandon Sample, mengatakan kliennya menderita penyakit ginjal dan sejumlah kondisi medis serius lainnya.

"Biro Penjara AS, September 2019, menyimpulkan Madoff hanya memiliki harapan hidup kurang dari 18 bulan karena kondisi gagal ginjalnya," ujar Sample.

Dample meminta agar kliennya dibebaskan agar bisa memperbaiki hubungan dengan cucu-cucunya dan meninggal sebagai orang bebas. Namun, permintaan itu ditolak.

"Saya telah menjalani hukuman selama 11 tahun dan saya merasa sangat menderita," ujar Madoff dalam wawancara dengan The Washington Post.

"Anda tahu, tidak ada hari di dalam penjara dimana saya tidak merasa bersalah atas derita yang saya sebabkan kepada para korban dan keluarga saya," lanjutnya. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Fabrice COFFRINI

Sekjen PBB Minta Israel Menahan Diri di Jerusalem Timur

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 10 Mei 2021, 11:09 WIB
Guterres, ungkap Dujarric, mendesak agar status quo di tempat-tempat suci itu terus ditegakkan dan...
AFP/STR

NASA Kritik Jatuhnya Puing Roket Long March 5B

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 10 Mei 2021, 10:35 WIB
Puing terbaru Long March 5B yang merupakan salah satu potongan terbesar dari puing-puing ruang angkasa yang kembali ke...
AFP/EMMANUEL DUNAND

Sidang Penggusuran Paksa Keluarga Palestina Ditunda

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Senin 10 Mei 2021, 10:27 WIB
Mahkamah Agung Israel, Senin (10/5), dijadwalkan mendengarkan banding terhadap rencana penggusuran beberapa keluarga Palestina dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya