Selasa 22 Desember 2020, 09:52 WIB

Vatikan Ajak Umat Katolik Divaksinasi Covid-19

Basuki Eka Purnama | Internasional
Vatikan Ajak Umat Katolik Divaksinasi Covid-19

AFP/Mario Tama/Getty Images
Seorang warga senior mendapatkan suntikan vaksin covid-19 di California, Amerika Serikat.

 

VATIKAN, Senin (21/12), mengajak umat Katolik agar mau divaksinasi covid-19 dan mengatakan mendapatkan suntikan vaksin dari sel dari janin yang diaborsi secara moral bisa diterima.

Sel yang diambil dari janin yang diaborsi puluhan tahun lalu digunakan sejumlah ilmuwan dalam upaya memproduksi vaksin covid-19.

Vatikan mengakui masalah itu menjadi kekhawatiran utama sejumlah umat Katolik. Namun, otoritas tertinggi umat Katolik sedunia itu menggarisbawahi bahwa menerima vaksin covid-19 yang diproduksi dari sel janin yang diaborsi saat proses penelitian dan produksinya secara moral bisa diterima.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Tiba di Qatar

"Penggunaan vaksin tidak berarti mendukung aborsi yang menghasilkan sel yang digunakan dalam pembuatan vaksin itu," ungkap Vatikan dalam keterangan resmi.

Vatikan menambahkan, meski vaksinasi dilakukan secara sukarela, karena tidak ada cara lain menghentikan pandemi, yang terbaik adalah menerima vaksinasi dalam upaya melindungi mereka yang paling lemah dan paling rentan.

Bagi mereka yang menolak vaksinasi, Vatikan meminta agar mereka berusaha keras agar tidak meningkatkan penyebaran covid-19.

Vatikan kemudian menggarisbawahi kewajiban moral dari industri farmasi, pemerintah, dan organisasi internasional untuk memasikan vaksin bisa didapatkan oleh negara-negara termiskin di dunia. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Steinar Gestsson / Ritzau Scanpix

Sejumlah Orang Tewas dalam Penembakan di Mal di Copenhagen

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:23 WIB
Polisi menduga pelaku melakukan aksi ini sendirian namun mereka tetap meningkatkan penjagaan di berbagai mal dan lokasi lain di...
AFP

Rusia Klaim Sudah Kuasai Wilayah Timur Ukraina 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 21:45 WIB
Namun, Ukraina belum mengeluarkan pernyataan usai pertempuran hebat berlangsung di wilayah Luhansk. Di lain sisi, Presiden Rusia Vladimir...
AFP/Alexander Zemlianichenko.

Putin Abaikan Misi Perdamaian Jokowi, ini Usulan Tindak Lanjut

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:07 WIB
Perlu ditunjuk suatu special envoy yang bisa fokus melakukan follow up terhadap hal-hal yang digarap Presiden dalam kunjungan ke Rusia dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya