Sabtu 21 November 2020, 07:24 WIB

Pfizer-BioNTech Ingin Izin Vaksin Pertama di AS Dipercepat

Siswantini Suryandari | Internasional
Pfizer-BioNTech Ingin Izin Vaksin Pertama di AS Dipercepat

JUSTIN TALLIS / AFP
Pfizer dan BioNTech mengajukan vaksin covid-19 pertama untuk mendapatkan izin pemakaian di AS lebih awal.

 

RAKSASA biotek AS Pfizer dan mitra Jerman BioNTech meminta persetujuan izin untuk meluncurkan vaksin virus korona mereka lebih awal di Amerika Serikat. Upaya ini dilakukan kedua perusahaan ini untuk mencegaj semakin meningkatnya kasus covid-19, sekaligus mencegah penguncian negara-negara akibat melonjaknya kasus covid-19. Kedua perusahaan itu mengajukan izin, Jumat (20/11).

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan komite vaksinnya akan bertemu pada 10 Desember untuk membahas permintaan otorisasi penggunaan darurat.

"FDA mengakui bahwa transparansi dan dialog sangat penting bagi publik agar percaya pada vaksin Covid-19," kata Kepala FDA. Stephen Hahn dalam sebuah pernyataan.

"Saya ingin meyakinkan rakyat Amerika bahwa proses FDA dan evaluasi data untuk potensi vaksin Covid-19 akan seterbuka dan setransparan mungkin," lanjutnya.

Hahn mengakui tidak bisa memprediksi berapa lama FDA melakukan peninjauan terhadap vaksin tersebut tetapi pemerintah federal mengatakan akan memberi lampu hijau lebih awal, kemungkinan Desember.

"Pengajuan di AS merupakan tonggak penting dalam perjalanan kami untuk mengirimkan vaksin covid-19 ke dunia," kata Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla.

baca juga: Anak Tertua Donald Trump Positif Covid-19

Saat ini gelombang pandemi terbaru jauh lebih banyak dibandingkan gelombang pertama saat virus itu menyerang Kota Wuha, Tiongkok. Kematian di seluruh dunia mendekati 1,4 juta dan infeksi mendekati 57 juta. Walaupun sesungguhnya jumlah pasti tidak diketahui karena setiap negara memiliki metode pelaporan berbeda dan banyak kasus tidak terdeteksi. (AFP/OL-3)
 

Baca Juga

Matt Dunham / POOL / AFP

Ukraina Deklarasikan Invasi Rusia sebagai Genosida

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 13:25 WIB
Zelenskyy mengutuk serangan brutal Moskow di Donbas. Ia menambahkan bahwa pengeboman Rusia dapat membuat seluruh wilayah itu tidak...
Fabrice COFFRINI / AFP

Jerman Yakin Rusia akan Kalah

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:42 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan memenangkan perang di Ukraina, kata Kanselir Jerman Olaf...
KCNA VIA KNS / AFP

Tiongkok dan Rusia Gagalkan Sanksi AS untuk Korut

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 27 Mei 2022, 12:33 WIB
Tiongkok dan Rusia menggunakan hak veto untuk menolak resolusi baru yang diinisiasi Amerika Serikat (AS) untuk menekan pengembangan senjata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya