Selasa 27 Oktober 2020, 20:59 WIB

Hamas Bebaskan Aktivis Palestina yang Komunikasi dengan Israel

Wisnu Arto Subari | Internasional
Hamas Bebaskan Aktivis Palestina yang Komunikasi dengan Israel

AFP/Said Khatib
.

 

HAMAS membebaskan aktivis Palestina yang ditangkap pada April lalu. Aktivis tersebut dianggap melanggar aturan karena menyelenggarakan konferensi video dengan pegiat sayap kiri Israel.

Pendiri Komite Pemuda Gaza, Rami Aman, ditangkap bersama beberapa orang lain setelah konferensi virtual dengan puluhan aktivis Israel. Ini melanggar larangan Hamas untuk berkomunikasi dengan Israel.

"Rami Aman dan dua aktivis lain dibebaskan pada Senin," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Gaza, Iyad al-Bazam, kepada AFP, Selasa (27/10). Hamas merupakan kelompok Islam yang mengontrol Jalur Gaza.

Hamas menuduh Aman, 39, berkhianat dengan mempromosikan normalisasi hubungan dengan Israel. Pengadilan Gaza menjatuhkan hukuman baginya satu tahun penjara.

Dua lain yang dibebaskan, berusia 25 dan 32, diidentifikasi hanya dengan inisial. Menurut Pusat Hak Asasi Manusia Palestina, kelompok itu dinyatakan bersalah karena melemahkan semangat revolusi.

Kelompok tersebut telah berpartisipasi dalam serangkaian diskusi bertajuk Skype dengan musuh Anda. Para peserta berbicara tentang kehidupan sehari-hari mereka dan mengungkapkan harapan untuk kepemimpinan yang lebih baik bagi orang Israel dan Palestina.

Pembebasan itu menyusul pengaduan yang diajukan ke Kelompok Kerja PBB untuk Penahanan Sewenang-wenang pada bulan lalu oleh koalisi 70 kelompok masyarakat sipil. Mereka menuntut pembebasan Aman dengan segera.

Hamas, yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Israel dan sebagian besar negara Barat, menguasai Gaza dalam perang saudara pada 2007.

Sejak itu, negara Yahudi itu melakukan tiga kali perang yang menghancurkan di Gaza sambil mempertahankan blokade yang melumpuhkan di jalur pantai. Alasannya, mereka harus mengisolasi Hamas. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Fabrice COFFRINI

WHO Imbau Penggunakan Masker Universal Hingga di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:19 WIB
Harus menggunakan masker di luar ruangan jika jaga jarak fisik tidak dapat...
AFP

Vaksin Covid-19 Pfizer Digunakan di Inggris Pekan Depan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:15 WIB
Imunisasi dapat dimulai dalam beberapa hari ke depan bagi warga yang paling membutuhkan, seperti lansia dan pasien yang...
Roberto SCHMIDT / AFP

Perjanjian AS dan Tiongkok tidak Akan Langsung Dibatalkan Biden

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:12 WIB
Presiden Donald Trump, akan menghapus tarif/bea masuk produk impor asal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya