Minggu 11 Oktober 2020, 04:30 WIB

Bersitegang, Lebih dari 30 Diplomat Polandia Ditarik

Mediaindonesia.com | Internasional
Bersitegang, Lebih dari 30 Diplomat Polandia Ditarik

AFP/KOEN VAN WEEL
Ilustrasi; Belarus

 

Lebih dari 30 diplomat di Minsk, Belarus, dipanggil pulang ke Warsawa, Jumat (9/10), kata wakil menteri luar negeri Polandia.

Penarikan puluhan diplomat itu dilakukan setelah Belarus meminta Polandia mengurangi keberadaan diplomatnya di kedutaan setelah dua negara bersitegang karena Warsawa memprotes aksi keras Minsk terhadap demonstrasi massa di Belarus.

Tidak hanya Polandia, Belarus juga meminta Lithuania mengurangi jumlah diplomatnya di Minsk. Pemerintah Lithuania pun memanggil lima diplomatnya pulang, Jumat (9/10), kata kementerian luar negeri negara itu.

Belarus menuding Polandia dan Lithuania ikut campur urusan dalam negeri karena mereka menampung sejumlah pemimpin dari kalangan oposisi yang terasing dan menolak mengakui kemenangan Presiden Belarus Alexander Lukashenko, pada pemilihan presiden 9 Agustus 2020.

Kalangan oposisi menuduh pemerintah mencurangi pemilu, tetapi tudingan itu dibantah oleh Lukashenko.

Dua negara itu sebelumnya menolak mengurangi jumlah diplomatnya sebagaimana diminta Belarus.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/read/detail/345866-belarus-tutup-perbatasan-dengan-polandia-dan-lituania

Namun, Polandia dan Lithuania sempat memanggil duta besar masing-masing untuk membahas cara mengurangi ketegangan. “Otoritas Belarus meminta kami membatasi jumlah diplomat di Belarus. Oleh karena itu, lebih dari 30 diplomat keluar dari Belarus saat ini dan pulang ke Warsawa,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Marcin Przydacz.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lithuania, Rasa Jakilaitiene, pihaknya telah memanggil lima diplomatnya pulang. “Harapannya, langkah itu dapat membuka pintu dialog,” kata Przydacz.

Belarus pada Jumat minggu lalu menarik duta besarnya dari Polandia dan Lithuania. Delapan negara Eropa lainnya, antara lain Romania, Jerman, dan Republik Ceko, juga memanggil pulang duta besar masing-masing dari Belarus sebagai aksi solidaritas untuk Polandia dan Lithuania.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada Jumat juga mengatakan Inggris akan menarik duta besarnya di Minsk. “Inggris mengecam keputusan Belarus mengusir diplomat Polandia dan Lithuania ... sebagai aksi solidaritas, kami sementara ini menarik duta besar kami untuk membahas situasi di Belarus,” kata Raab lewat unggahannya di Twitter. (Ant/OL-12)

Baca Juga

SAUL LOEB / AFP

YouTube Perpanjang Pemblokiran Akun Trump Selama Seminggu

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:03 WIB
Donald Trump tidak diizinkan mengunggah video atau melakukan live streaming dalam akun YouTube pribadinya dalam beberapa waktu...
Philip FONG / AFP

Jepang Berencana Mulai Program Vaksinasi Massal Sebelum Olimpiade

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Januari 2021, 14:14 WIB
Surat kabar Yomiuri Shimbun melaporkan, pemerintah berharap mayoritas orang dewasa akan divaksinasi pada Juli 2021, saat Olimpiade akan...
medcom.id

Varian Baru Covid-19 dari Inggris Telah Menyebar di 60 Negara

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Januari 2021, 14:07 WIB
WHO menyebut varian baru covid-19 dari Inggris terdeteksi di 60 negara, pun dengan strain Afrika Selatan yang diyakini lebih menular sudah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya