Kamis 13 Agustus 2020, 10:20 WIB

Kampanye Biden dan Harris: Bangun Kembali Amerika Serikat

Faustinus Nua | Internasional
Kampanye Biden dan Harris: Bangun Kembali Amerika Serikat

AFP/OLIVIER DOULIERY
Calon presiden Demokrat Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris

 

Calon presiden Demokrat Joe Biden dan wakilnya yang baru ditunjuk Kamala Harris meluncurkan kampanye mereka pada Rabu (12/8) dengan seruan untuk membangun kembali Amerika Serikat (AS) yang hancur pasca-Trump.

Biden bersama Harris (di kampung halaman Biden di Delaware, Wilmington) mengatakan sudah waktunya satu masa jabatan Presiden Donald Trump berakhir. Menurut Biden, kini saatnya untuk membangun kembali negara itu.

Biden memimpin beberapa kali jajak pendapat menjalankan kampanyenya dari rumahnya di Delaware karena virus covid-19. Dia mengatakan presiden Trump telah gagal memimpin melalui krisis. Pria 77 tahun itu berjanji bahwa dia dan Harris akan memperbaiki keadaan.

"Kekacauan yang telah dibuat oleh Presiden Trump dan Wakil Presiden Pence di dalam dan luar negeri," kata Biden.

Sementara, wakilnya yang merupakan calon wanita kulit hitam pertama mengkritik masalah rasialisme di AS yang menimbulkan protes di kota-kota besar. Harris sendiri adalah putri imigran India dan Jamaika di AS menilai Trump tidak siap untuk jabatannya.

"Kami mengalami perhitungan moral dengan rasisme dan ketidakadilan sistemik yang telah membawa koalisi baru ke jalan-jalan negara kami menuntut perubahan," katanya.

Wanita 55 tahun yang merupakan senator dan mantan Jaksa Agung California menyerang Trump telah meninggalkan negara itu dalam keadaan compang-camping.

Mereka berjanji akan kembali membangun AS yang hancur.

Baca juga: Menteri Perminyakan Venezuela El Aissami Sembuh dari Covid-19

Biden menambahkan bahwa Harris telah memberi inspirasi bagi AS. Kisah Harris sebagai anak imigran dan orang kulit berwarna yang berjuang untuk mencapai jajaran teratas lingkaran hukum dan pemerintah AS adalah kisah Amerika.

"Ceritanya adalah cerita Amerika. Dia bekerja keras. Dia tidak pernah mundur dari tantangan tapi dia telah mendapatkan penghargaan," tukas Biden.

"Di seluruh Amerika, gadis-gadis kecil tersadar. Hari ini, mungkin saja mereka melihat diri mereka sendiri untuk pertama kalinya dengan cara baru sebagai bagian dari presiden dan wakil presiden," tambahnya.

Biden mengecam Trump yang menyebut Harris sebagi sosok yang jahat karena interogasi agresifnya terhadap calon hakim Mahkamah Agung Brett Kavanaugh selama sidang Senat pada 2018.

"Merengek adalah hal terbaik yang dilakukan Donald Trump," kata Biden. (France24/AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Mohammed Abed.

Hamas Ingatkan Israel akan Bayar Mahal akibat Usir Warga Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Mei 2021, 23:28 WIB
Deif, yang telah berada dalam daftar buronan Israel selama bertahun-tahun, memuji orang-orang yang teguh di Sheikh...
scmp.com

Buang Susu di Saluran Pembuangan Variety Show Tiongkok Kena Sanksi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Mei 2021, 21:12 WIB
Acara ragam atau "variety show" yang sedang hit di Tiongkok dikenai sanksi akibat skandal membuang susu kemasan dalam jumlah...
buzz-caribbean.com

WhatsApp Luncurkan Ulang Sistem Pembayaran di Brasil

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 05 Mei 2021, 21:00 WIB
Aplikasi pesan instan WhatsApp meluncurkan ulang sistem pembayaran di Brasil, setelah sempat diblokir bank sentral negara tersebut tahun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya