Rabu 15 April 2020, 20:08 WIB

Finlandia Bakal Cabut Karantina Wilayah di Sekitar Helsinki

Antara | Internasional
Finlandia Bakal Cabut Karantina Wilayah di Sekitar Helsinki

Antara
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin tiba di Brussels, Belgia, 13/12/2019.

 

PEMERINTAH Finlandia akan membuka barikade penghalang jalan di sekitar wilayah ibu kota, Helsinki, Rabu (15/4), kata Perdana Menteri Sanna Marin, sebagai langkah pertama pelonggaran aturan pembatasan terkait virus korona.

Otoritas sempat membatasi perjalanan dari dan ke Uusimaa, wilayah yang membawahi ibu kota negara, ke daerah lain sejak 28 Maret, demi mencegah penyebaran jenis baru virus korona (SARS-CoV-2), penyebab penyakit Covid-19.

Marin mengatakan pemerintah tidak lagi punya dasar hukum untuk melanjutkan karantina wilayah, mengingat aturan ekstrem itu membatasi kebebasan orang bergerak secara ketat.

"Aturan ini bukan lagi pembatasan secara absolut yang mutlak dilakukan sebagaimana diwajibkan oleh Undang-Undang Kekuasaan Darurat," terang Marin. Akan tetapi, pemerintah tetap menganjurkan masyarakat tidak berpergian kecuali mendesak, dia menambahkan.

Uusimaa jadi pusat penyebaran virus corona di Finlandia, tetapi tingkat penularan antarwilayah menurun pada beberapa minggu terakhir. Oleh karena itu, karantina wilayah diyakini kurang efektif dan kurang dapat dibenarkan secara hukum.

"Jika mengacu pada data, konsentrasi penularan penyakit dapat dibatasi dengan kebijakan yang telah dijalani saat ini," kata Menteri Dalam Negeri, Maria Ohisalo.

Kebijakan yang dimaksud di antaranya meliputi penutupan sekolah dan fasilitas umum, seperti perpustakaan sampai 13 Mei. Restoran juga tetap tutup atau hanya melayani pesan antar sampai 13 Mei.

Finlandia melaporkan per Selasa (14/4) jumlah pasien positif Covid-19 mencapai 3.161 jiwa dengan korban jiwa 64 orang. Sejauh ini, 232 pasien Covid-19 masih dirawat di rumah sakit dan 162 di antaranya berada di wilayah ibu kota.

"Aturan pembatasan memang memperlambat laju penularan penyakit," kata Direktur Ketahanan Kesehatan Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia, Mika Salminen.

Salminen mengatakan jumlah pasien yang diopname dan mereka yang berada di unit perawatan intensif meningkat, tetapi sejauh ini layanan kesehatan belum kekurangan sumber daya untuk menampung seluruh pasien di Uusimaa. (OL-12)

 

Baca Juga

AFP/Kenzo TRIBOUILLARD

Salman Rushdie, Penulis The Satanic Verses Ditikam

👤Widhoroso 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 23:03 WIB
PENULIS asal Inggris, Salman Rushdie dilaporkan menjadi korban penikaman saat dirinya berbicara di sebuah acara di Chautauqua County, New...
AFP/Jalaa Marey.

Penembakan Israel Lukai Dua Orang Dekat Dataran Tinggi Golan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 22:40 WIB
Penembakan tentara Israel melukai dua warga sipil di provinsi Quneitra, Suriah selatan, dekat Dataran Tinggi Golan yang diduduki pada Jumat...
ANTARA

Tiongkok Minta Rusia dan Ukraina Lanjutkan Negosiasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 21:02 WIB
Duta Besar Tiongkok untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Zhang Jun menyerukan kepada kedua pihak untuk segera mencari solusi atas krisis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya