Jumat 14 Juni 2019, 06:20 WIB

Delegasi RI Ikuti Pertemuan Nuklir

mediaindonesia | Internasional
 Delegasi RI Ikuti Pertemuan Nuklir

(KBRI Stockholm)
Pertemuan Tingkat Menteri mengenai Isu Perlucutan Senjata Nuklir dan Traktat Non-Proliferasi Senjata Nuklir di Stockholm, Swedia

 

DELEGASI Indonesia ikut berpartisipasi dalam pertemuan tingkat menteri mengenai masalah perlucutan senjata nuklir dan traktat non-proliferasi senjata nuklir di Swedia. Pertemuan dipimpin Menteri Luar Negeri Swedia, Margot Wallstrom, serta dihadiri perwakilan dari 15 negara, termasuk Jerman, Jepang, Norwegia, Selandia Baru, dan Yordania.

Ketua Delegasi RI sendiri dalam pertemuan tersebut ialah Dubes RI untuk Kerajaan Swedia, Bagas Hapsoro.

Pertemuan ini diselenggarakan dengan tujuan membahas upaya dan inisiatif yang dapat dilakukan guna menyukseskan NPT RevCon 2020. Itu juga akan bertepatan dengan peringatan 50 tahun entry into force NPT.

Materi yang dibahas dalam pertemuan antara lain soal penguatan pendekatan multilateralisme, memperkuat kembali komitmen politis terhadap agenda perlucutan senjata nuklir, langkah bersama ke depan yang merujuk pada kesepakatan sebelumnya, serta fokus terhadap masalah-masalah jangka pendek yang menjadi penentu. Implementasi perlucutan senjata nuklir secara keseluruhan juga menjadi fokus pertemuan tingkat menteri tersebut.

Kehadiran Indonesia pada pertemuan itu menegaskan peran aktif dan kontribusi Indonesia dalam menciptakan ketertiban dunia. Terutama, rekam jejak Indonesia yang kuat dalam berbagai pembahasan masalah perlucutan senjata nuklir dan traktat nonproliferasi senjata nuklir.

Indonesia misalnya aktif di dalam Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zones /SEANWFZ/Bangkok Treaty, Comprehensive Nuclear Test Ban Treaty/CTBT, dan the Treaty on the Prohibition of Nuclear Weapons.

Bagas dalam keterangan resminya kemarin mengatakan pemerintah kembali menegaskan konsep kebijakan luar negeri Indonesia yang mengimplementasi pendekatan gender. Termasuk, dalam perlucut-an senjata nuklir, menempatkan kemanusiaan melalui sudut pandang perempuan, serta menuju dunia yang lebih aman dan makmur. (Tes/X-11)

Baca Juga

AFP/Mahmud Hams.

Israel Bebaskan Tahanan Palestina setelah Akhiri Mogok Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:10 WIB
Aksi mogok makan menjadi hal biasa di antara para tahanan Palestina dan telah membantu mengamankan banyak konsesi dari otoritas...
DOK BAKAMLA

Diprotes Tiongkok, Pengamat Sebut Pengeboran Migas di Natuna Tetap Dilanjutkan

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 05 Desember 2021, 21:00 WIB
pemerintah membangun opini di dalam dan luar negeri, perihal kewajiban semua negara di dunia, untuk tidak menafsirkan hukum internasional...
AFP

AS Hingga UE Kecam Taliban Atas Pembunuhan Mantan Pasukan di Afghanistan

👤Nur Aivanni  🕔Minggu 05 Desember 2021, 19:54 WIB
Taliban mengambil alih kekuasaan di Afghanistan pada Agustus ketika pemerintah yang didukung AS di Kabul runtuh setelah pasukan Amerika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya