Selasa 04 Agustus 2020, 11:21 WIB

Pandemi Juga Berdampak Pada Penjualan Bendera

Tosiani | HUT RI
Pandemi Juga Berdampak Pada Penjualan Bendera

MI/Tosiani
Setiap menjelang 17 Agustus pedagang bendera musiman dari Bandung bermunculan di Temanggung. Namun sekarang ini penjualan bendera sepi.

 

MENJELANG 17 Agustus, pedagang bendera musimam mulai bermunculan di Temanggung, Jawa Tengah. Umumnya pedagang bendera musiman datang dari Bandung, Jawa Barat tiap bulan Agustus hanya untuk menjual bendera.

Dedeh,30 salah seorang pedagang di kawasan Jalan Jenderal Soedirman Temanggung, Jawa Tengah, mengaku sengaja meninggalkan daerah asalnya di Bandung, Jawa Barat menuju Temanggung hanya demi menjual bendera buatan pabrik konveksi di daerahnya. Ia berangkat dalam rombongan terdiri dari delapan orang untuk berdagang bendera di daerah penghasil tembakau ini sejak awal Agustus.

"Biasanya memang begitu tiap tahun menjelang perayaan Agustusan, kami berombongan datang ke Temanggung untuk menjual bendera. Tahun ini pun begitu," ungkap Dedeh di Temanggung, Selasa (4/8).

Anggota rombongan sejumlah delapan orang itu berpencar untuk berdagang di delapan titik wilayah Temanggung. Antara lain di sekitar Alun-Alun, Jampiroso, Maron, Parakan dan Kranggan. Masing-masing orang ditarget rata-rata menjual satu karung bendera berisi sekitar 20 an lembar per hari. Harga jual bendera bervariasi antara Rp17 ribu hingga Rp20 ribu per lembar ukuran sedang.

baca juga: Peran KPH Strategis Lindungi Kawasan Hutan Meratus

Setiap harinya Dedeh mendapatkan hasil penjualan sekitar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu. Jumlah ini, menurutnya cenderung turun drastis dari angka penjualan bendera pada tahun sebelumnya ia bisa mendapatkan hasil penjualan rata-rata Rp 700 ribu per hari. Ia bersama anggota rombongan lainnya biasa berjualan selama 12 hari dari awal Agustus sampai menjelang perayaan HUT.

"Mungkin ini karena sedang masa pandemik sehingga penjualan bendera pun berkurang. Turunnya sampai 50 an persen dibanding tahun-tahun sebelumnya," ujar Dedeh. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok. Universitas Prasetiya Mulya

Prasetiya Mulya Padukan Ilmu Bisnis dan Teknologi Ciptakan Wirausaha Muda

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 25 Juli 2021, 11:33 WIB
Ilmu pengetahuan bisnis dan teknologi adalah kombinasi hebat untuk mendongkrak kesejahteraan...
Ist/Prambors

Rayakan 75 Tahun Indonesia, Prambors Bagi-bagi Sepeda Setiap Hari

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Agustus 2020, 15:15 WIB
Sebagai radio anak muda, Prambors menghadirkan sebuah campaign bertajuk Mendadak Sepedahan untuk membagikan sepeda secara gratis pada bulan...
Antara/Akbar Nugroho Gumay

Semangat untuk Maju di 75 Tahun Kemerdekaan

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 19 Agustus 2020, 08:48 WIB
Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri mengingatkan kepada seluruh generasi muda agar terus memiliki keyakinan dan harapan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya