Jumat 20 Januari 2023, 17:42 WIB

KLHK: Titik Panas 2023 Meningkat 29%

Atalya Puspa | Humaniora
KLHK: Titik Panas 2023 Meningkat 29%

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio
Suasana kebakaran lahan di Bukit Parombahan, Desa Aek Sipitudai, Sianjur Mulamula, Samosir, Sumatera Utara.

 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat adanya peningkatan hotspot pada 2023 sebanyak 29% dibandingkan tahun lalu.

"Kalau kita lihat datanya, tahun 2023 itu jumlah hotspot dari tanggal 1 sampai tanggal 19 Januari itu angkanya 31 titik. Itu angkanya naik dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Naiknya 29% dibandingkan tahun lalu," kata Menteri LHK Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Jumat (20/1).

Untuk itu, kata dia, perlu dilakukan langkah-langkah strategis untuk mengantisipasi munculnya karhutla yang lebih tinggi dibanding 2022. Pasalnya, berdasarkan data BMKG, tahun ini Indonesia akan mengalami anomali iklim, yakni rendahnya curah hujan dan cuaca akan menjadi lebih panas dibandingkan tahun sebelumnya.

"Selama 19 hari ini sejak 1 Januari hingga 19 Januari 2023, yang kebakaran ada di 66 titik di 11 provinsi dengan luas 459 hektare," ucap dia.

Baca juga: Libur Panjang Imlek, Pemerintah Targetkan 101 Juta Orang Berwisata

Untuk mengantisipasi ancaman karhutla di 2023, KLHK bersama dengan sejumlah stakeholder terkait melakukan rapat koordinasi antisipasi karhutla. Siti menyebut, dalam rakor itu dibahas tentang tiga pilar penting pengendalian karhutla. Di antaranya monitoring hotspot, tata kelola gambut dan law enforcement.

"TMC juga tadi dibahas sebagai sistem pencegahan yang kelihatannya sangat baik dan bisa cukup diandalkan. Karena pada akhir Februari atau pertengahan Maret kita sudah mulai operasi," ucapnya.

Selain itu, Siti juga menegaskan penguatan peran Manggala Agni di lapangan sebagai ujung tombak dari pencegahan dan pengendalian karhutla. Tahun ini, kata dia, Kementerian PAN RB sudah mengeluarkan peraturan menteri tentang jabatan fungsional Manggala agni.

"Pada 16 Januari 2023 sudah keluar permen tentang pintu-pintu masuk di mana honorer Manggala Agni bisa masuk apakah sebagai CPNS dengan pola recruitment. Ada 4 macam jadi ini sangat baik," ucap dia.

Ia berharap, kejadian karhutla di Indonesia bisa diatasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagai gambaran, pada 2022, luas karhutla yang terbakar ada kurang lebih 204 ribu hektare dan jumlah ini menurun dari tahun 2021 yaitu 358 ribu hektare. (OL-4)

Baca Juga

Ist

Passion Jewelry Hasil Kolaborasi dengan Nia Ramadhani Bakrie

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 22:03 WIB
PT. Passion Abadi Korpora kembali mengeluarkan sebuah produk jewelry kolaborasi dengan Nia Ramadhani...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Digitaliasi Buka Peluang Bisnis Baru dalam Industri Pariwisata

👤Naufal Zuhdi 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:59 WIB
Terdapat lima fase pariwista yakni cari informasi, melakukan booking, berangkat, tiba di lokasi, dan...
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

BRIN Koordinasikan 3 Prioritas untuk Penguatan BRIDA

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 Februari 2023, 21:57 WIB
KEPALA Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengatakan ada 3 prioritas dalam penguatan Badan Riset dan Inovasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya