Jumat 20 Januari 2023, 14:26 WIB

Libur Panjang Imlek, Pemerintah Targetkan 101 Juta Orang Berwisata

Mediaindonesia | Humaniora
Libur Panjang Imlek, Pemerintah Targetkan 101 Juta Orang Berwisata

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Warga menyaksikan atraksi barongsai pada acara Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 di kawasan Glodok, Jakarta.

 

PEMERINTAH menargetkan sebanyak 101 juta pergerakan wisatawan nusantara sepanjang Januari 2023, seiring dengan adanya periode libur perayaan Imlek pada 21-23 Januari.

Deputi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini di Jakarta, Jumat, memastikan pihaknya sudah menyiapkan beragam kegiatan untuk menggairahkan minat wisatawan nusantara terhadap perayaan Tahun Baru China tersebut.

"Bulan Januari ini strategi kami berfokus pada kegiatan menarik seperti Lunar Festival, pameran makanan khas Imlek, festival barongsai, dan lainnya. Puncaknya adalah perayaan Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Nanti di situ juga ada KEN (Kharisma Event Nusantara)," katanya.

Ni Made Ayu menambahkan pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi berbeda setiap bulan guna mencapai target pergerakan wisatawan nusantara hingga penghujung tahun mendatang. Kontinuitas tema program dengan berbagai event ini diharapkan mampu mendorong pergerakan dan belanja wisata.

Baca juga: Kemenag Susun Pedoman Penyembelihan Halal bagi RPH

"Bila pada Januari kami fokus ke festival barongsai, misalnya, maka nanti di Februari ada Bulan Bumi Pertiwi yang mengedepankan wisata petualangan geopark, camping, dan lainnya. Lalu pada Maret, tema yang diusung adalah Bulan Film dengan menampilkan marathon film-film Indonesia dan wisata lokasi film," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kemenparekraf telah menetapkan target nasional sebesar 1,2 hingga 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada 2023.

Kemenparekraf sendiri mengusung kampanye "Berwisata di Indonesia Saja" untuk mendukung pencapaian target tersebut.(Ant/OL-4)

Baca Juga

AFP

Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 bulan Diberikan Triwulan Kedua, Gunakan Pfizer

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:45 WIB
VAKSINASI covid-19 untuk kelompok usia 6 bulan ke atas diperkirakan akan dimulai pada triwulan kedua 2023 karena mempertimbangkan kesiapan...
Antara

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:45 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif...
MI/Susanto

Gerak Nuklir Sebagai Sumber Energi Terbarukan di Indonesia Terhambat karena Ini

👤Muhammad Anugrah Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:30 WIB
PEMANFAATAN nuklir di Indonesia diyakini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang potensial untuk bisa dimanfaatkan demi mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya