Selasa 17 Januari 2023, 11:34 WIB

Pelopor Portal Berita, Republika Transformasi Penuh ke Format Digital

Mediaindonesia.com | Humaniora
Pelopor Portal Berita, Republika Transformasi Penuh ke Format Digital

DOK situs berita Republika.co.id.
Ilustrasi.

 

SEIRING perkembangan zaman, penyampaian berita dan informasi melalui surat kabar di Indonesia terus bertransisi di setiap periode. Hingga saat ini, tidak hanya surat kabar konvensional yang beredar dan menjadi acuan bagi masyarakat Indonesia, tetapi surat kabar dalam format digital juga hadir sebagai sarana untuk menjawab tantangan di era modern untuk dapat mengakses informasi terbaru dengan lebih ringkas. 

Dengan melihat perkembangan tersebut, Republika sebagai salah satu anak perusahaan mahakaX (IDX: ABBA) beradaptasi untuk terus tumbuh menuju era digitalisasi secara penuh. Harian Republika yang pertama kali didirikan pada 1992 terus berkomitmen untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Menyongsong tahun yang baru, per 1 Januari 2023, Republika bertransformasi penuh menjadi media massa dengan format digital sebagai upaya terus memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan informasi terkini yang semakin dinamis serta memanfaatkan teknologi sehingga dapat menyampaikan berita-berita terkini secara cepat dan ringkas. 

Transformasi ini bukanlah hal yang baru bagi Republika. Maklum, Republika ialah salah satu surat kabar pertama yang mempelopori penggunaan teknologi dan internet sebagai portal berita pada 1995. Republika akan terus berkomitmen menyajikan berita serta informasi terkini yang berkualitas melalui seluruh kanal digital, di antara lain republika.co.id, retizen.id, republika.id, dan seluruh akun-akun media sosial resmi Republika untuk menyajikan informasi multiplatform yang mencakup kekuatan teks, grafis, audio, visual.

Chief Executive Officer mahakaX Farash Farich mengatakan seluruh ekosistem serta unit bisnis yang menjadi bagian dari perusahaan selalu mengedepankan teknologi dalam setiap program yang dijalankan, salah satunya Republika. Sebagai media massa yang turut memperkenalkan sistem portal berita internet pertama di Indonesia, beradaptasi dengan perkembangan teknologi tentu membuat perusahaan tetap relevan serta menjawab kebutuhan yang semakin progresif seiring berkembangnya zaman, termasuk kebutuhan dalam penyajian berita dan informasi. "Republika akan bertransformasi menjadi media massa yang hadir penuh dalam format digital mulai Januari 2023," tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/1).

Dengan bertransformasi penuh ke format digital, diharapkan Republika dapat semakin memperluas jangkauan audiens dari berbagai kalangan dengan menghadirkan berita dan ragam informasi yang berkualitas. Penyajian konten Republika akan semakin variatif serta sangat mudah untuk diakses melalui berbagai kanal digital serta seluruh media sosial milik Republika. (OL-14)

Baca Juga

Dok BMI

BMP Beri Perhatian Khusus Masalah Stunting

👤Media Indonesia 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:30 WIB
BUNDA Merah Putih (BMP) memberikan perhatian khusus kepada masalah stunting yang terjadi di sejumlah...
Dok RRI

RRI Play Go Menjadi Lompatan Tansformasi Digital Era Media Baru

👤Media Indonesia 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:15 WIB
Peluncuran aplikasi RRI Play Go versi baru ini dilakukan Direktur Utama LPP RRI, I Hendrasmo, di Galeri Tri Prasetya RRI Jalan Merdeka...
Ist

Alumni FH Universitas Trisakti Berbagi Saat Rayakan Natal Bersama

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:08 WIB
Perayaan Natal juga dilaksanakan dalam suasana Tahun Baru Imlek, sehingga kebahagiaan dirasakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya