Rabu 11 Januari 2023, 18:38 WIB

Terdepan Berikan Layanan kepada Pekerja Migran, RPTC Tanjung Pinang Raih Penghargaan dari Kemenlu

Mediaindonesia.com | Humaniora
Terdepan Berikan Layanan kepada Pekerja Migran, RPTC Tanjung Pinang Raih Penghargaan dari Kemenlu

dok. Kemensos
Penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI untuk RPTC Tanjung Pinang Kemensos

 

KEMENTERIAN Sosial kembali meraih penghargaan Hassan Wirajuda Pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Award Tahun 2022 (HWPA 2022) dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Penghargaan ini merupakan apresiasi dari Kemenlu atas keberadaan Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Tanjung Pinang.

Salah satu unit kerja Kemensos ini berperan penting dalam pelindungan dan pelayanan terhadap WNI di luar negeri.  Penghargaan HWPA 2022 tidak lepas dari arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada jajaran untuk meningkatkan pelayanan terhadap WNI di luar negeri yang menghadapi masalah sosial. 

Mensos diwakili Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin menerima langsung penghargaan tersebut yang digelar Kemenlu di Ballroom I, Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (9/1).

"Alhamdulillah, Kemensos melalui RPTC Tanjung Pinang mendapat penghargaan HWPA. Prestasi ini harus dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Kita tidak boleh berpuas diri. seperti pesan Bu Mensos bahwa hari esok harus lebih baik dari hari ini," kata Pepen.

Pepen mengungkapkan, untuk menindaklanjuti arahan Mensos, pihaknya terus memperkuat pelayanan kepada Pekerja Migran Indonesia. Kemensos meningkatkan layanan baik secara struktural organisasinya, sarana prasarana, fasilitas layanan hingga program ATENSI untuk melengkapi fungsi dari RPTC Tanjung Pinang.

Atas arahan Mensos Tri Rismaharini pula, 31 sentra terpadu/sentra sebagai UPT Kemensos dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa berfungsi seperti RPTC Tanjung Pinang dalam menangani pekerja migran Indonesia khususnya yang bermasalah.

Baca juga : Kabur, Satu Pelaku Pemerkosa Anak di Lahat Berstatus Buron

Pepen menegaskan, RPTC Tanjung Pinang ini bukan sekedar penampungan, tetapi memiliki fungsi rehabilitasi. 

"Sebelum mereka dipulangkan ke daerah masing-masing, di RPTC Tanjung Pinang ini mereka dipenuhi kebutuhan dasarnya, diberi layanan asesmen psikologi, juga fasilitasi integrasi sosial di daerah asal," kata Pepen.

RPTC Tanjung Pinang juga menyediakan layanan pelindungan dan pemulihan psikososial bagi korban tindak kekerasan di Kepulauan Riau. 

Selain itu, RPTC Tanjung Pinang kerap menjadi rujukan utama dalam penanganan kasus-kasus Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMIB) dan WNI kelompok rentan, termasuk dalam proses pemulangan, seperti pemulangan PMI dari Malaysia.

Pada 2021, RPTC Tanjung Pinang memfasilitasi 1.120 ketibaan PMIB dari Malaysia dalam 8 gelombang. RPTC Tanjung Pinang juga menangani kasus WNI yang sakit dan WNI anak yang mengalami masalah di luar negeri.

Penghargaan itu merupakan penghargaan kali kedua yang diterima oleh Kementerian Sosial. Sebelumnya, pada 2021, RPTC Tanjung Pinang juga mendapatkan penghargaan dari Kemenlu atas Perlindungan Warga Negara Indonesia Migran khusus anak. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya

Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:04 WIB
Semangat Gotong Royong Jadikan Kalsel Tiga Besar Turunkan...
Kemendikbudristek

Film Nasional kembali Wakili Indonesia di Festival Kelas Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:38 WIB
Dirjen Kebudayaan Kemdikbudristek, Hilmar Farid mengatakan kemampuan film nasional unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu...
dok: Pantau Gambut

Seeking Tuan Guru, Sebuah Upaya Mengingatkan Manusia akan Identitas Budaya

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 21:36 WIB
Indonesia dan Afrika Selatan akan bekerja sama dalam sebuah program seni yang ditujukan sebagai sebuah usaha fundamental untuk menjaga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya