Rabu 28 Desember 2022, 06:05 WIB

BNN Aceh Lakukan Tes Narkoba pada Sopir Bus AKAP

Mediaindonesia.com | Humaniora
BNN Aceh Lakukan Tes Narkoba pada Sopir Bus AKAP

Dok PMK
Ilustrasi

 

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh melakukan tes narkoba terhadap sopir bus angkutan kota antarprovinsi guna memastikan mereka tidak mengonsumsi barang itu saat mengemudi.

Tes narkoba dipusatkan di Terminal Bus Batoh, Banda Aceh, Selasa (27/12). Tes narkoba bekerja sama dan UPTD Terminal Bus Tipe A Kota Banda Aceh. Tes narkoba dilakukan dengan memeriksa urine secara mendadak diikuti 28 sopir bus antarprovinsi dan hasilnya semua negatif.

Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Sukandar mengatakan tes urine dilakukan untuk memastikan apakah sopir bus angkutan umum tersebut mengonsumsi narkoba atau tidak.

"Dari 28 sopir yang ikut tes urine, semuanya negatif atau tidak mengonsumsi narkotika dan obat terlarang lainnya," kata Sukandar didampingi Kepala Bidang Pemberantasan BNN Provinsi Aceh Kombes Pol Mirwazi

Jenderal polisi bintang satu itu mengatakan tes urine dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang oleh pengemudi. Sebab, jika ada pengemudi angkutan umum yang mengonsumsi narkoba, tentu akan membahayakan penumpangnya.

"Tes urine ini untuk memastikan keselamatan penumpang. Karenanya, kami mengingatkan agar sopir angkutan umum tidak mengonsumsi narkoba saat membawa penumpang," kata dia.

Sukandar mengatakan tes urine bagi pengemudi angkutan umum tersebut akan dilakukan secara rutin. Tidak hanya di terminal bus antarprovinsi, tetapi juga di terminal lainnya seperti antarkota dalam provinsi.

"Tes urine dilakukan secara mendadak. Jika ada positif narkoba, angkutan umum tempatnya bekerja diminta menggantikan sopir yang bersangkutan. Selain itu, yang positif tersebut juga diproses secara hukum yang berlaku," kata Sukandar.

Kepala Terminal Batoh Banda Aceh Heriyanto mengapresiasi BNN Provinsi Aceh yang melakukan tes urine kepada sopir bus angkutan umum antarprovinsi.

"Tes urine ini untuk memastikan keselamatan angkutan umum, sehingga tidak ada sopir yang menggunakan narkoba saat mengemudi. Keselamatan tersebut merupakan tanggung jawab kita semua," kata Heriyanto. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Pertumbuhan Kunjungan Wisnus Antisipasi Dampak Resesi Global Sektor Pariwisata

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:30 WIB
Harapan terhadap wisatawan nusantara (Wisnus) sangat besar agar sektor pariwisata nasional dapat terus tumbuh sesuai...
MI/Belvania Sianturi

HPN 2023, Kemenkominfo Ajukan Regulasi Hak Penerbit

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 08 Februari 2023, 07:05 WIB
Ketua PWI Atal S Depari mengatakan sistem algoritma platform digital sering kali tidak menguntungkan...
ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Indonesia Bersama Empat Negara Asia Tenggara Usulkan Kebaya ke ICH UNESCO

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:15 WIB
Kelima negara Asia Tenggara yang mengenal kebaya sebagai busana tradisional perempuan itu mengusulkan melalui mekanisme nominasi bersama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya