Selasa 22 November 2022, 22:43 WIB

Kemenkes: belum Ada Tanda Penyebaran Virus Polio di Luar Aceh

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Kemenkes: belum Ada Tanda Penyebaran Virus Polio di Luar Aceh

Antara
Tenaga medis memberikan imunisasi polio kepada seorang balita.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menyatakan hingga saat ini, belum ada tanda-tanda penyebaran polio ke luar daerah selain di Kabupaten Pidie, Aceh.

"Sampai saat ini, kita belum lihat adanya penyebaran. Tidak menyebar, namun harus diperhatikan pada daerah yang cakupan imunisasi polionya rendah," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi saat dihubugi, Selasa (22/11).

Berdasarkan data Kemenkes, terdapat beberapa provinsi selain Aceh yang cakupan vaksinasi inactivated polio vaccine (IPV) tergolong rendah. Di antaranya, Papua Barat, Maluku, Sumatra Barat dan Yogyakarta.

Baca juga: Kasus Polio di Pidie Aceh Bertambah Menjadi 3 Kasus

Nadia menjelaskan bahwa vaksinasi polio di wilayah Pidie akan dipercepat menjadi bulan ini. Mengingat, adanya penambahan 2 kasus polio, sehingga totalnya mencapai 3 kasus.

"Vaksinasi polio di Aceh akan dimulai pada 28 November 2022," imbuhnya.

Di lain sisi, epidemiolog dari Universitas Indonesia, Masdalina Pane, menekankan selain adanya imunisasi polio, pemerintah juga harus memutus sirkulasi virus polio dengan memperbaiki fasilitas MCK di tengah masyarakat.

Baca juga: KLB Polio, Dinkes DKI Intai Potensi Kasus di 194 RS

Menurutnya, kemunculan polio karena virusnya masih bersirkulasi di lingkungan, serta diperparah hygiene sanitasi yang buruk. Imunisasi juga memiliki kontribusi terhadap ketahanan anak. Namun, selama virusnya masih bersirkulasi, risikonya tetap besar.

"Untuk memutus sirkulasi virus dan memusnahkan virusnya, tentu saja dengan perbaikan infrastruktur dan menghilangkan ODF," tutur Aulia.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Antisipasi Ancaman Bencana Alam, Rerie: Tingkatkan Literasi Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 16:21 WIB
Berdasarkan catatan BNPB, selama 1 Januari-18 Oktober 2022, terjadi 2.860 peristiwa bencana alam di Indonesia. Masyarakat pun harus...
Ist

'Bogor Go Green 7' Jadi Paduan Lingkungan, Ekonomi dan Sosial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 16:12 WIB
'Bogor Go Green 7' disebutnya selaras prinsip green development yakni economically feasible, socially acceptable, dan...
ANTARA/Moch Asim

Asrama Mahasiswa Nusantara Langkah Nyata BIN Bangun Wawasan Kebangsaan

👤Widhoroso 🕔Minggu 27 November 2022, 15:36 WIB
PEMBANGUNAN Gedung Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur merupakan upaya Badan Intelijen Negara (BIN) untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya