Senin 21 November 2022, 18:56 WIB

Ulang Tahun ke-65, PAPDI Ajak Masyarakat Lakukan Deteksi Dini untuk Mencegah Penyakit   

Mediaindonesia.com | Humaniora
Ulang Tahun ke-65, PAPDI Ajak Masyarakat Lakukan Deteksi Dini untuk Mencegah Penyakit   

Dok. PAPDI
Perayaan HUT PAPDI

 

DALAM rangka ulang tahunnya yang ke-65, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mengajak masyarakat untuk tidak takut melakukan screening atau mendeteksi dini kesehatan. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan pencegahan penyakit yang berada di dalam tubuh.

Ketua PAPDI Jaya Ika Prasetya Wijaya mengatakan, kali ini ulang tahun PAPDI mengusung tema preventif-promotif yakni mengedukasi masyarakat untuk aware secara dini untuk melakukan screening kesehatan.

“Masyarakat diimbau tidak takut untuk periksa kesehatan dini, periksa kesehatan dini itu penting. Jangan takut, nanti ketahuan penyakit kan lebih baik diketahui dari awal jadi bisa dilakukan pencegahan,” kata Ika dalam pernyataanya di sela perayaan Ultah PADI ke-65 di, kawasan Ancol, jakarta utara.

Ika menambahkan, di tengah problematika kesehatan yang makin kompleks dokter penyakit dalam semakin berperan dalam membangun kesehatan di masyarakat.  

“Nah preventif dan promotif adalah peran dari dokter untuk melakukan pencegahan penyakit, caranya dengan mengedukasi masyarakat untuk pola hidup sehat Maksudnya, masyarakat dibiasakan untuk hidup sehat, jangan menunggu sakit baru berobat,” ujarnya.

Ketua Umum PB IDI Mohamamd Abdib Khumaidi mengatakan, setiap dokter ikut berperan membangun kesadaran kesehatan masyarakat. Sebab, Dokter bukan hanya sebagai agent of treatment tapi juga agent of development dan agent of change.

Baca juga : KLB Polio Harus Diikuti Langkah Nyata untuk Membangun Imunitas

“Merubah perilaku masyarakat untuk menjadi lebih sehat dan yang kita harapkan semakin kita kedepankan. Tak hanya untuk dokter penyakit dalam tapi semua dokter yang ada di Indonesia,” ucap Mohammad Adib.

Di kesempatan itu, Mohammad Adib juga mengapresiasi PAPDI yang menjadi salah satu garda terdepan di masa pandemi Covid-19. 

Menurutnya, kiprah PAPDI berperan secara signifikan di tengah pandemi terhadap penyakit penyerta atau komorbid seperti penyakit paru. 

“Kita bersyukur bisa melewati masa-masa sulit bersama-sama. PAPDI memberi yang terbaik membantu mengedukasi masyarakat untuk hidup sehat,” katanya.

Perayaan ulang tahun PAPDI diadakan serentak di seluruh cabang PAPDI di Indonesia dan dibuka oleh ketua umum PAPDI Sally Aman Nasution. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/ERIEZ M RIAL

Unisba Berada di Peringkat Atas Universitas Terbaik di Kota Bandung

👤Bayu Anggoro 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:50 WIB
EduRank menempatkan Unisba sebagai universitas peringkat 4 terbaik di Kota...
Dok. USG Education

Kemitraan USG Education-University of Essex Hasilkan Program Jalur Cepat Raih Sarjana Internasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:42 WIB
Program Pathway atau program jalur adalah program yang bertujuan menjembatani celah antara kualifikasi pendidikan terakhir yang dimiliki...
ANTARA

PGRI: Jangan Lupakan Kesejahteraan Guru

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 22:38 WIB
Pesan Presiden Joko Widodo agar kualitas guru terus ditingkatkan merupakan sebuah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya