Rabu 16 November 2022, 20:41 WIB

Gelar Wisuda, UNSADA Pastikan Lulusan Sudah Sesuai dengan Kebutuhan Industri Terkini

Mediaindonesia.com | Humaniora
Gelar Wisuda, UNSADA Pastikan Lulusan Sudah Sesuai dengan Kebutuhan Industri Terkini

Dok. UNSADA
Proses wisuda Universitas Darma Persada

 

UNIVERSITAS Darma Persada (Unsada) menggelar wisuda 954 lulusan yang terdiri dari Program Pascasarjana (3) orang, Program Sarjana (907) orang, dan Program Diploma III (44) di Gedung Puri Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (16/11).

Rektor UNSADA Tri Mardjoko mengucapkan selamat kepada seluruh Wisudawan atas keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan di UNSADA.

Ia menegaskan, UNSADA terus meningkatkan relevansi dan daya saingnya melalui peningkatan kompetensi lulusan berdasarkan bidang ilmu yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan didukung penuh oleh tokoh-tokoh alumni dari Jepang.

"Dengan modal ini, kami makin memperkuat jalinan kerja sama dengan Pemerintah, dunia usaha dan industri untuk kegiatan riset dan pengembangan serta pelatihan kewirausahaan yang terintegrasi di dalam mata kuliah yang diberikan. Sehingga menciptakan lulusan yang terampil dan siap kerja," ujar Tri Mardjoko dalam keterangannya, Rabu (16/11).

Ia menambahkan, lulusan UNSADA juga sudah mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi 4.0, terutama melalui pembelajaran etos kerja industri dengan mengadopsi softskill monozukuri secara tepat guna.

Staf Khusus Menteri Perhubungan Abdulhamid Dipopramono mengatakan, untuk menciptakan lulusan perguruan tinggi yang siap kerja, diperlukan adanya link and match antara kurikulum dan kebutuhan industri akan keahlian tenaga kerja.

"Link and match ini bisa terjadi apabila terjalin kolabori yang baik. Kolaborasi dan sinergi n-helix, yakni sinergi antara instansi pendidikan, Pemerintah Pusat, Daerah, bisnis, masyarakat, dan media," ujarnya.

Abdulhamid menambahkan, instansi pendidikan dan perusahaan harus menjalin kolaborasi dalam menciptakan SDM yang unggul dan sesuai dengan kebutuhan pasar dan untuk peningkatan daya saing.

Baca juga : Studi Ungkap Permainan Kembangkan Keterampilan dan Kreativitas Anak

"Kementerian Perhubungan sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan perguruan tinggi dan lembaga inovasi lainnya, termasuk UNSADA. Kami menyadari bahwa, dalam menghadapi tantangan tantangan tersebut, akan lebih mudah dipecahkan dengan menerapkan pendekatan kolaborasi dan sinergi," tegasnya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Melati Sakura Ginandjar Kartasasmita mengucapkan selamat kepada para lulusan.

"Para lulusan ini merupakan aset bangsa kedepannya, saat bangsa kita menjadi Indonesia emas pada 2045. Para lulusan ini akan jadi tulang punggung bangsa di usia produktif, penuh pengalaman dan kearifan. Semoga bekal yang di dapat di UNSADA bisa dimanfaatkan dengan baik dalam kehidupan para lulusan," ujarnya.

Staf Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III Havianto berharap lulusan kali ini menjadi lulusan yang berkualitas yang mampu berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Ini akan sesuai dengan visi dari UNSADA. Saya harapkan, para lulusan bisa mengimplementasikan visi ini dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan unggul di era Indonesia emas 2045 khususnya," ujar Havianto.

Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia Tamura Masami ikut memberi ucapan selamat kepada Pimpinan Yayasan Darma Persada, Senat UNSADA , Rektor UNSADA yang sukses mendidik serta membina para siswa hingga sukses memasuki jenjang kehidupan baru sebagai lulusan perguruan tinggi.

"Selamat juga bagi para wisudawan dan wisudawati yang berhasil lulus dengan hasil memuaskan. Semoga ini menjadi bekal yang berguna bagi kehidupan kedepannya," ujar Masami. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ist

Gandeng Muralis Lokal, Yello Hotel Manggarai Hadirkan Kamar Urban Xtra untuk Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:14 WIB
Wajah baru ini ditandai dengan mural yang terletak di area lobby hotel, berkolaborasi dengan mural artist local yaitu TUTU (@tutugraff)...
AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:26 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...
Antara

Jokowi Genjot Pembangunan Infrastruktur Digital untuk Tingkatkan Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:35 WIB
Menurutnya hal itu sebagai langkah yang tepat di tengah distrupsi digital yang melaju sangat cepat guna melahirkan SDM unggul dan berdaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya